Penerapan Merdeka Belajar Dalam Buku Teks Bahasa Inggris ‘Talk Active’ Kelas XI SMA
Abstract
Abstrak: Dalam proses belajar mengajar, buku teks sangat berpengaruh besar karena menyediakan informasi terperinci terkait suatu program pembelajaran, instruksi, dan kegiatan – kegiatan lainnya sehingga para guru dan siswa bisa menciptakan susasan belajar yang merdeka. Artinya, buku teks harus mampu menghadirkan suasana merdeka belajar yang hidup. Suasana yang merdeka artinya tidak ada keterpaksaan atau diberikan kebebasan untuk belajar dengan demikian kompetensi siswa dapat meningkat dengan merata. Oleh sebab itu, peneliti termotivasi melakukan kajian evaluasi terhadap buku teks Bahasa Inggris ‘Talk Active’ untuk siswa kelas XI SMA. Penilitian ini bertujuan untuk menemukan apakah buku teks tersebut sudah memenuhi kriteria buku teks yang baik terkait kualitas dan relevansinya dengan K13 dan kebutuhan siswa berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh Litz (2005). Penilitian ini merupakan penilitian evaluasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar evaluasi dalam bentuk checklist. Analisis data dilakukan dengan teknik analisi dokumen. Hasil penilitian menunjukan bahwa buku teks tersebut memenuhi kriteria sebagai buku teks yang baik. Namun ada beberapa aspek yang tidak memenuhi kriteria seperti tidak tersedianya audio-tape, pengucapan (stress and intonation), kosakata (vocabulary) yang kurang memadai, dan tidak menyediakan keseimbangan antara 4 keterampilan berbahasa terutama keterampilan menyimak (listening).
Kata kunci: Evaluasi buku teks, buku teks pelajaran Bahasa Inggris