Interaksi Edukatif antara Pendidik dan Peserta Didik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris
Abstract
Interaksi Edukatif antara Pendidik dan Peserta Didik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris
Â
Ida Vinny Sudaningsih
Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Email : ida.vinny@gmail.com
Â
Abstrak
Â
Interaksi pembelajaran merupakan hubungan timbal balik antara guru dengan siswa yang ditunjukkan adanya hubungan yang bersifat edukatif (mendidik). Interaksi ini diarahkan pada tujuan tertentu yang bersifat mendidik yaitu adanya perubahan   tingkah laku siswa ke arah kedewasaan. Interaksi edukatif yang baik dan kontinyu maka akan menumbuhkan suatu motivasi pada diri siswa. Motivasi ini sangat diperlukan untuk menunjang keefektifan sebuah proses pembelajaran. Di sini pendidik adalah kunci untuk memegang kendali atas siswa. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat interaksi antara pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar Bahasa Inggris yang efektif. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah deskriptif analisis, yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana interaksi edukatif yang berlangsung di SMP Negeri 2 Dukun, dan untuk mengetahui sejauh mana pentingnya interaksi edukatif antara pendidik dan peserta didik dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Inggris. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa interaksi edukatif antara guru dan murid di SMP Negeri 2 Dukun berlangsung dengan baik. Karena guru menggunakan keterampilan dalam setiap proses belajar mengajarnya. Sehingga interaksi ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam belajar Bahasa Inggris.
Kata kunci : Interaksi edukatif, pendidik, motivasi belajar
Â
Abstract
The learning  interaction is  the  relationship  of  beneficially between teacher and student which showed by the relationship of education (educated). This interaction to get surely the purpose which education it has changed the attitude of the student to be adult. The good educative interaction and continue will set the student’s motivation. This motivated is very needed to help effectiveness of the learning process. Here, the teacher is the key to holding control of the student. The purpose of this article is to describe the level of interaction between the teacher and students on the learning process to increase the motivation in learning English effectively. The researcher used descriptive analysis. It is done to know how far the important of educative interaction establish the student’s motivation in learning English process. Based on the research, shows that the interaction between the teacher and student in SMP Negeri 2 Dukun run well. Because the teacher use skills in any teaching learning process.So, the interaction can increased the student’s motivation in learning English.
Â
Keywords : Educative interaction, teacher, learning motivation.