Interaksi Edukatif antara Pendidik dan Peserta Didik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris

Authors

  • Ida Vinny Sudaningsih Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

Abstract

Interaksi Edukatif antara Pendidik dan Peserta Didik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris

 

Ida Vinny Sudaningsih

Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Email : ida.vinny@gmail.com

 

Abstrak

 

Interaksi pembelajaran merupakan hubungan timbal balik antara guru dengan siswa  yang ditunjukkan adanya hubungan yang bersifat edukatif (mendidik). Interaksi  ini  diarahkan  pada  tujuan  tertentu  yang  bersifat  mendidik yaitu  adanya  perubahan    tingkah  laku  siswa ke arah kedewasaan. Interaksi edukatif  yang  baik  dan  kontinyu  maka  akan  menumbuhkan  suatu  motivasi  pada diri  siswa. Motivasi ini  sangat  diperlukan  untuk  menunjang  keefektifan  sebuah proses  pembelajaran. Di sini pendidik adalah kunci untuk memegang kendali atas siswa. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat interaksi antara pendidik dan peserta didik dalam proses  pembelajaran  untuk  meningkatkan motivasi belajar Bahasa Inggris yang efektif. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah deskriptif analisis, yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana interaksi edukatif yang berlangsung di SMP Negeri 2 Dukun, dan untuk mengetahui sejauh mana pentingnya interaksi edukatif antara pendidik dan peserta didik dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Inggris. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa interaksi edukatif antara guru dan murid di SMP Negeri 2 Dukun berlangsung dengan baik. Karena guru menggunakan keterampilan dalam setiap proses belajar mengajarnya. Sehingga interaksi ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam belajar Bahasa Inggris.

Kata kunci : Interaksi edukatif, pendidik, motivasi belajar

 

Abstract

The learning   interaction is   the   relationship   of   beneficially between teacher and student which showed by the relationship of education (educated). This interaction to get surely the purpose which education it has changed the attitude of the student to be adult. The good educative interaction and continue will set the student’s motivation.  This motivated is very needed to help effectiveness of the learning process. Here, the teacher is the key to holding control of the student. The purpose of this article is to describe the level of interaction between the teacher and students on the learning process to increase the motivation in learning English effectively. The researcher used descriptive analysis. It is done to know how far the important of educative interaction establish the student’s motivation in learning English process. Based on the research, shows that the interaction between the teacher and student in SMP Negeri 2 Dukun run well. Because the teacher use skills in any teaching learning process.So, the interaction can increased the student’s motivation in learning English.

 

Keywords : Educative interaction, teacher, learning motivation.

Published

2020-03-22

Citation Check