Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri Nogopuro. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III A SD Negeri Nogopuro yang berjumlah 27 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas III B SD Negeri Nogopuro yang berjumlah 27 sebagai kelas control. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen yaitu 60,4 dan nilai rata-rata posttest yaitu 82,8. Sedangkan pada kelas control, nilai   rata-rata pretest yaitu 60,6 dan nilai rata-rata posttest yaitu 70,7. Hasil penelitian dianalisis menggunakan uji t pada taraf signifikan 5%. Hasil nilai t hitung = 2,948  sedangkan t tabel 2,051. Dengan demikian apabila thitung > ttabel  maka H1 diterima dan H0 ditolak, maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci: model pembelajaran, problem based learning (PBL), hasil belajar