Pertanyaan Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa dalam Mengajar Membaca Kepada Siswa SMK

Authors

  • Lisnur Lisnur

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan jenis pertanyaan yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran membaca dengan menggunakan HOTs di SMK Tamansiswa Purworejo (2) untuk menggambarkan masalah yang dihadapi oleh guru dalam membuat pertanyaan bagi siswa untuk meningkatkan keterampilan membaca dengan menggunakan HOTs di SMK Tamansiswa Purworejo. Penelitian ini termasuk studi kasus di kelas XI yang menggunakan keterampilam berpikir tingkat tinggi menurut taksonomi Bloom. Ada enam indikator dalam melatih keterampilan HOTs siswa yaitu: (1) Evaluasi penilaian, (2) Sintesis untuk menyatukan hal-hal pemikiran kreatif, (3) Analisis pada memecah hal-hal pemikiran kritis. (4) Aplikasi dalam menggunakan pengetahuan dalam situasi baru, (5) Pemahaman (6) Pengetahuan. Ini menunjukkan bahwa dalam mengembangkan siswa dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam mengajar membaca adalah tujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa, sehingga siswa mampu belajar dengan antusias karena dengan latihan atau seperti yang diucapkan oleh guru dan belajar kosa kata dengan mencocokkan definisi dan mengucapkan setelah guru, itu dapat mengembangkan bahan bacaan berdasarkan kebutuhan siswa dan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan membaca.

Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Belajar Membaca, Pertanyaan Guru

Published

2020-03-22

Citation Check