KONSEP PENDIDIKAN TAMAN SISWA SEBAGAI DASAR KEBIJAKAN PENDIDIKAN NASIONAL MERDEKA BELAJAR DI INDONESIA

Authors

  • Ivan Prapanca Wardhana Pascasarjana Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Leo Agung S Universitas Sebelas Maret
  • Veronika Unun Pratiwi Universitas Veteran Bangun Nusantara

Abstract

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Makarim meluncurkan program belajar dengan konsep Pendidikan Merdeka, konsep yang digagas mengarah pada kebebasan peserta didik dalam berpikir kritis dan cerdas. Artikel ini berusaha mengeksplorasi tentang bagaimana proses pendidikan yang dilaksanakan oleh Ki Hadjar Dewantara dalam mengimplementasikan Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani dalam sistem pendidikan di Taman Siswa. Proses pendidikan yang humanisme dan mengedepankan keterbukaan dalam berpikir sangat dijunjung tinggi dalam sistem pendidikan di Taman Siswa sehingga dimungkinkan menjadi dasar dari konsep Pendidikan Merdeka yang dicetuskan baru-baru ini. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu menyediakan informasi dan bukti tambahan untuk memenuhi tujuan dari proses Pendidikan Merdeka yang secara efektif bermanfaat bagi Otoritas Kebijakan Pendidikan, Pendidik, Peserta didik, dan Bimbingan Konseling di Indonesia.

Author Biography

Ivan Prapanca Wardhana, Pascasarjana Universitas Sebelas Maret

Mahasiswa Pascasarjana Program Magister Pendidikan Sejarah Universitas Sebelas Maret

Published

2020-03-22

Citation Check