PENERAPAN MODEL DEMONSTRATED AUDIO VIDEO LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS

Penulis

  • sri wahyuni widayati Smk N 3 wonosari

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah yang terjadi di tempat kerja peneliti. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa SMK yang sangat rendah. Model pembelajaran yang digunakan adalah model “Demonstrated Audio Video Learning †atau Penelitian Tindakan Kelas yang berisi alur penelitian meliputi empat tahapan dimulai dari perencanaan tindakan, implementasi tindakan, observasi, analisis dan refleksi. Keempat tindakan tersebut membentuk siklus penelitian ini bersifat kolaboratif, yaitu bekerja sama untuk mengidentifikasi masalah, observasi dan melakukan refleksi. Penelitian ini dianalisis dengan teknik slama skala Likert dengan skala skor (Scoring) beserta kwalifikasi hasil penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Demonstrated Audio Video Learning  dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Terbukti meningkatnya motivasi belajar siswa hingga mencapai 81,15% (sangat tinggi) dan meningkatnya hasil belajar hingga mencapai ketuntasan 81,25% pada akhir siklus II. Implementasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa model Demonstrated Audio Video Learning  dapat dikembangkan dan diterapkan guru Bahasa Inggris dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar

Referensi

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Depdikbud.1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Donni Juni Priansa, 2017. Pengembangan strategi dan Model Pembelajaran. Bandung, Pustaka Setia.

Suharsumi Arikunto. (2007). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktis. Jakarta : Rineka Cipta

Slavin, Robert E. (1995). Cooperative learning: theory, research and practise. Boston: Allyn and Bacon

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi pendidikan. Yogyakarta. UNY Press

Sardiman, A.M. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta, Rajawali Pers.

Suyitno. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif Pengukuran Teknik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal jptk.uny Vol 23, No 1 (2016) . http://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/9359. Di akses 30 Mei 2017.

Suyitno. 2018. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas Eksperimen dan R & D. Alfabeta: Bandung

Diterbitkan

2020-03-22