Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru dalam Pembuatan Perencanaan Pembelajaran melalui In House Training

Penulis

  • Sri Haryati

Abstrak

Abstrak: Makalah ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan In House Training terhadap peningkatan kompetensi profesionalisme guru dalam pembuatan perencanaan pembelajaran.

Populasi penelitian ini adalah semua guru sekolah dasar di SD 2 Sabdodadi Kecamatan Bantul. Teknik pengumpulan data adalah dengan kuesioner dan dokumen. Teknik analisis data meliputi: 1) deskripsi data, 2) uji normalitas, 3) uji linieritas dan uji hipotesis. Uji hipotesis yang digunakan adalah analisis.

Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pelaksanaan In House Training terhadap peningkatan kompetensi profesionalisme guru dalam pembuatan perencanaan pembelajaran di SD 2 Sabdodadi Kecamatan Bantul.   

 

Kata kunci: Kompetensi Profesionalisme, Perencanaan Pembelajaran, In House Training

 

Abstract: This paper aims to determine the effect of the implementation of In House Training on improving teacher professionalism competence in making learning plans.

The study population was all elementary school teachers in SD 2 Sabdodadi, Bantul District. Data collection techniques are questionnaires and documents. Data analysis techniques include: 1) data description, 2) normality test, 3) linearity test and hypothesis test. Hypothesis test used is analysis.

The results of the study concluded that there was a significant influence in the implementation of In House Training on improving teacher professionalism competence in making learning plans in SD 2 Sabdodadi, Bantul District.

 

Keywords: Professionalism Competencies, Learning Planning, In House Training

Diterbitkan

2020-03-22