Manajemen Kurikulum pada Sekolah Berbasis Pesantren di SMP Al-Hikmah Karangmojo

Authors

  • Karmila Karmila SMK Muhamuhammadiyah Karangmojo, Indonesia

Abstract

Abstrak: Keberhasilan pengelolaan sebuah lembaga pendidikan sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya kompetensi kepala sekolah sebagai seorang pemimpin/manajer dalam sebuah institusi salah satunya adalah kompetensi manajerial. Dengan pengelolaan yang baik, maka akan terwujud tujuahan pendidikan, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan pondok pesantren juga ikut terlibat dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, tidak hanya dari segi moril, namun telah pula ikut serta memberikan sumbangsih yang cukup signifikan dalam penyelenggaraan pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuhan untuk mengetahui manajemen sekolah formal dan sekolah non formal digabungkan menjadi satu manajemen dan untuk menegetahui faktor penghambat dan faktor pendukung dalam manajemen sekolah berbasis pesantren. Penelitian ini mengaplikasikan metode desktiptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pimpinan pesantren Al-Hikmah, kepala sekolah, WaKa Kurikulum dan  tata usaha (TU) di SMP Al-hikmah Karangmojo, Gunungkidul, Yogyakarta. Dari hasil yang ditemukan manajemen kurikulum pada sekolah berbasis pesantren yang diterapakan sudah sesuai standar. Hambatan yang dihadapi adalah kurangnya sarana dan prasarana yang belum sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.

Published

2020-03-22

Citation Check