Peningkatan Hasil Belajar dan Kreatifitas Belajar PPKn dengan Metode Projed Based Learning (PjBL)

Authors

  • Radhiah Radhiah SMKN 1 Ngawen, Indonesia

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil  belajar dan kreatifitas siswa yang diajar dengan metode  projed based learning (PJBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan objek penelitian siswa kelas X  Tehnik Alat Berat SMK Negeri 1 Ngawen Penelitian terdiri atas 2 siklus, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi, dan revisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penerapan pendekatan projed based learning (PJBL) berhasil lebih baik. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai belajar siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan kreativitas siswa kelas X Tehnik Alat Berat. Pada siklus pra persentase siswa belajar 46% dan kemudian meningkat pada siklus pertama sebanyak 72% dan meningkat lagi menjadi 92% pada siklus II. Sedangkan kreativitas siswa pada pra siklus 29% meningkat menjadi 51% pada siklus I  dan meningkat menjadi 90% pada siklus II .Dengan demikian terjadi peningkatan hasil belajar dan kreatifitas siswa.

 

Kata kunci: Hasil belajar, kreatifitas, projed based learning (Pjbl)

 

Abstract. This study aims to improve student learning outcomes and creativity taught by the method of projed based learning (PJBL). This research is a Classroom Action Research  with the object of research in class X students of SMK Negeri 1 Ngawen. The study consisted of 2 cycles, starting from planning, implementing, observing, reflecting, and revising. The results showed that learning by applying the projed based learning (PjBL) approach succeeded better. This is evidenced by the increased value of student learning. The results of the study show that the application of the Project Based Learning (PjBL) learning model can improve student learning outcomes and creativity of students of class X Heavy Equipment Engineering. In the pre cycle the percentage of students learned 46% and then increased in the first cycle by 72% and increased again to 92% in the second cycle. While the creativity of students in the pre cycle 29% increased to 51% in the first cycle and increased to 90% in the second cycle. Thus an increase in student learning outcomes and creativity.

 

Keywords: Learning outcomes, creativity, projed based learning (Pjbl)

 

Author Biography

Radhiah Radhiah, SMKN 1 Ngawen

BALDIK DISDIKPORA GK/penata/III C

References

Daftar Pustaka

Depdiknas.(2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Suharsumi Arikunto. (2007). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktis. Jakarta : Rineka Cipta

Suyitno. 2018. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas Eksperimen dan R & D. Alfabeta: Bandung

Suyitno. 2017. Work Based Learning Terintegrasi Konsep, Strategi dan Implementasi dalam pendidikan Kejuruan. K-Media: Yogyakarta

Munawaroh R, Subali B, Sopyan A. (2012). Penerapan Model Project Based Learning Dan Kooperatif Untuk Membangun Empat Pilar Pembelajaran Siswa Upej Unnes Physics Education Journal. ,1(1).

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi pendidikan. Yogyakarta. UNY Press

Suyitno. 2017. Work Based Learning Terintegrasi Konsep, Strategi dan Implementasi dalam pendidikan Kejuruan. K-Media: Yogyakarta

Djojonegoro, W. (1998). Pengembangan sumber daya manusia melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: Depdiknas

Published

2020-03-22

Citation Check