Analisa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Terintegrasi dengan Aplikasi Classdojo dalam Mengajar Prosedur Teks untuk kelas 9 SMP

Penulis

  • Teguh Bangkit Pamungkas Sarjanawiyata Tamansiswa University

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) teks yang menjadi tujuan pembelajaran digunakan oleh guru, (2) metode yang digunakan oleh guru dan, (3) kegiatan penilaian yang dilakukan oleh guru pada kelas 9 SMP. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Data penelitian ini adalah rencana pembelajaran yang ditulis oleh mahasiswa pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teks target yang digunakan oleh guru dalam rencana pelajaran adalah prosedur teks yang muncul dalam skenario pengajaran terutama pada bagian kegiatan utama. Metode yang digunakan oleh guru adalah Discovery Learning yaitu stimulasi, pernyataan masalah, pengumpulan data, pengolahan data, verifikasi, dan generalisasi. Semua tahapan dalam pembelajaran pada Discovery Learning tersebut terdapat di dalam skenario pengajaran yang ada. Kegiatan yang dilakukan oleh siswa harus didasarkan pada indikator yang termuat pada rencana pembelajaran. Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh peneliti, kegiatan yang diberikan oleh guru mewakili tiga dari empat indikator di rencana pelaksanaan pelajaran.

Kata kunci: rencana pelaksanaan pembelajaran, prosedur teks, discovery learning, metode pembelajaran

Referensi

Arianto, M. 2017. Critical Reading Strategy in Terms of Gender Used by the Four Graduate Students. Universitas Negeri Malang

Ary, Donald, et.all. 2010. Introduction to Researching Education. USA: Wardsworth.

Egberg, J., Hanson-Smith, E., Chao, and C. 2007. Introduction: Foundations for teaching and learningIn J. Egbert & E. Hanson-Smith (Eds.), CALL environments: Research, practice, and critical issues, 2nd ed. Alexandria,.

Gerot, L and Peter, W. 1994. Making Sense of Functional Grammar. South Wales: Antipodean Educational Enterprises.

Hicks, S.D, Hicks, and S.D, “Technology in Today Classroom: Are You a Tech-Savvy Technology in Today ’ s Classroom : Are You a Tech-Savvy Teacher?,†pp. 37–41, 2011.

Illahi, M T. 2012. Pembelajaran Discovery Strategy dan Mental Vocational Skill. Yogyakarta: Diva Press.

Miles, M. B., & Huberman, M. A. 1994. Qualitative data analysis: an expanded sourcebook (2rd ed). London: Sage Publication.

Nurcahyoko and Kunto. 2013. Curriculum 2013, The Next Oasis or Mirage?. Jakarta Post, p. 6, 20-Jul-2013.

Walter, Carlene. 2015. Procedural Writing Grade Three. New York: The Medium.

Diterbitkan

2020-03-22