Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Pendidikan Karakter Siswa SMP

Penulis

  • Rachmad Kurniawan

Abstrak

Abstrak: Penggunaan gadget (smartphone) yang terlalu berlebihan dan tidak sewajarnya akan menimbulkan pengaruh terhadap kepribadian dan karakter siswa. Kepribadian siswa seharusnya menjadi perhatian khusus dalam menanamkan karakter kepada mereka. Karena karakter tersebut akan sangat berpengaruh terhadap tumbuh-kembang peserta didik. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk: (a) Mengetahui penggunaan gadget (smartphone) oleh peserta didik pada SMP, (b) Mendeskripsikan karakter peserta didik yang menggunakan gadget (smartphone)  di  SMP,  dan  (c)  Mendeskripsikan  solusi  penggunaan gadget (smartphone) yang ideal oleh peserta didik di SMP. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian deskriptif kualitatif. Dimana peneliti berusaha memberikan gambaran secara sistematis dan cermat berdasarkan fakta aktual dan sifat populasi tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah – masalah aktual dan mengumpulkan data. Pengumpulan data diperoleh dengan teknik wawancara dan observasi. Adapun informan yang digali informasinya yakni Guru SMP dan Siswa - siswi SMP. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut: (a) Hampir semua peserta didik di SMP memiliki dan menggunakan gadget, khususnya smartphone.   Rata-rata waktu peserta didik menggunakan gadgetnya selama 3 sampai lebih dari 7 jam untuk membuka media sosial. (b) Karakter siswa memiliki kecenderungan lebih apatis (c) Penggunaan gadget yang ideal yaitu dengan memberikan banyak pemahaman kepada siswa dan menerapkan program yang memiliki hubungan dengan penggunaan gadget.

Kata kunci: Siswa, Penggunaan Gadget (smartphone), Karakter

 

Abstract: The use of gadgets (smartphones) that are too excessive and improperly will affect the personality and character of students. Students' personalities must be of particular concern in instilling character in them. Because this character will greatly affect the growth and development of students. So this research aims to:  (a) Knowing the use of gadgets (smartphones) by students in junior high schools, (b) Describing the characters of students who use gadgets (smartphones) in junior high schools, and (c) Describing solutions for the use of gadgets (smartphones) that are ideal by students in junior high schools. This research uses descriptive qualitative research techniques. Where researchers try to give a systematic and careful picture based on actual facts and the nature of a particular population. This research aims to solve actual problems and collect data. Data collection was obtained by interview and observation techniques. This research uses descriptive qualitative research techniques. Where researchers try to give a systematic and careful picture based on actual facts and the nature of a particular population. This research aims to solve actual problems and collect data. Data collection was obtained by interview and observation techniques. Informants whose information was explored were Middle School Teachers and Middle School Students. Based on research that has been done, the following results are obtained: (a) Almost all students in junior high school who own and use gadgets, especially smartphones. The average time students use their gadget for 3 to more than 7 hours for new media. (B) The character of students has greater importance (c) The ideal use of gadgets is to provide a lot of understanding to students and implementation programs that have a relationship with the use of gadgets.

Keywords: Students, Use of Gadgets (smartphones), Character

Diterbitkan

2020-03-24