IMPLEMENTASI AKTIFITAS MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS 8 PADA SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

Penulis

  • Rizki Rizki Yulian

Abstrak

Dalam dunia pendidikan saat ini, belajar mandiri adalah kebutuhan yang sangat diperlukan bagi siswa untuk mengeksploitasi kreativitas dan inovasi mereka, terutama dalam belajar bahasa Inggris. Ini akan menyebabkan mereka menjadi mandiri dalam mengembangkan bakat dan kemampuan bahasa Inggris mereka masing-masing. Namun, guru bahasa Inggris di sekolah pada saat ini umumnya cenderung membatasi kegiatan mereka dengan metode pembelajaran kuno dan berpusat pada guru itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengamati penerapan pembelajaran mandiri yang dilakukan oleh guru dalam mengajar bahasa Inggris di sekolah menengah pertama. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan daftar observasi sebagai instrumen penelitian. Kemudian, peserta yang terlibat dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar di tiga kelas yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru dapat menerapkan sistem belajar mandiri di mana mayoritas siswa tampak belajar bahasa Inggris secara mandiri. Di sisi lain, guru tidak dapat mengambil perannya secara maksimal sebagai fasilitator yang memberikan bantuan kepada siswa sesuai dengan kebutuhan mereka.

 

Referensi

Brown, H. D.(2007). Teaching by Principle An Interactive Approach to Language Pedagogy 2nd edition. New York: Longman

Brown, H. D. (2007). Principle of Language Learning and Teaching, 5th edition. New York: Longman

Daryanto. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media, 2014.

Fadlillah. Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media, 2014.

Harmer, J. (2001).The principle of English language teaching 3rd edition. London: Longman.

Haris, Herdiansyah. (2011), p. 8. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmuilmu Sosial, (Jakarta: Salemba Humanika).

Hosnan. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21:Kunci sukses implementasi kurikulum2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Kerangka dasar dan Struktur kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Retrieved

Lexy J, Moleong. (2009), p. 219 Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya).

Nadiem Anwar Makarim. (2019). Merdeka Belajar

Diterbitkan

2020-03-24