Hubungan antara perhatian guru dan orang tua, disiplin siswa dan lingkungan belajar menurut presepsi siswa dengan prestasi belajar siswa kelas II instalasi listrik SMK 2 Pengasih Kulon Progo.

Penulis

  • rahmad . samiyono

Abstrak

Tujuan penelitian mengetahui hubungan antara perhatian guru dan orang tua, disiplin siswa dan lingkungan belajar menurut presepsi siswa dengan prestasi belajar siswa kelas II instalasi listrik SMK 2 Pengasih Kulon Progo. Populasi penelitian siswa kelas II instalasi listrik SMK 2 Pengasih Kulon Progo. Jenis penelitian populasi dengan hubungan korelasi penelitian ex pos facto instrumennya angket dan pedoman. Hasil penelitian terdapat hubungan yang positif antara perhatian guru dengan prestasi belajar, terdapat hubungan yang positif antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar, terdapat hubungan yang positif antara disiplin siswa dengan prestasi belajar , terdapat hubungan yang positif antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar siswa kelas II instalasi listrik SMK 2 Pengasih Kulon Progo.

Biografi Penulis

rahmad . samiyono

SMK2 Yogyakarta

Referensi

Abdulrahman, 1993, Partisipasi Guru Sekolah Teknik Menengah Dalam Realisasi Konsep Pengembangan Sekolah Seutuhnya, Laporan Hasil Penelitian di STM dengan bantuan ADB Se Jawa Tengah, tidak diterbitkan.

Alex Sobur, 1987, Komunikasi Orang Tua dan Ank, Bandung, Angkasa.

Bimo Walgito, 1989, Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta, FE UGM

Dakir, 1993, Dasar- dasar Psikologi, Semarang, Dakara Pers.

Kartini Kartono, 2001, Hubungan Kualitas Guru dengan Prestasi Belajar Siswa, Yogyakarta, Kedaulatan Rakyat

Mario Maryanto, 1996, Hubungan Antara Tingkat Disiplin Siswa, Motivasi Belajar dan Kelengkapan Fasilitas dengan Prestasi Belajar, SMK N Dilli Timor, Skripsi, Yogyakarta.

Muhammad Nasir, 1996, Konstribusi Perhatian Orang Tua, Bimbingan Guru dan Tingkat IQ, Terhadap Prestasi Belajar Siswa STM Wates Tahun 1995, Skripsi, Yogyakarta.

Muhammad Sofyan, 1997, Hubungan Antara Lingkungan Belajar, Peran Guru dengan Prestasi Belajar Siswa STM N Klaten, Skripsi, Yogyakarta.

Ngalim Purwanto, 1987, Psikologi Pendidikan, Bandung, CV Diponegoro.

Saleh Sugiyanto, 1984, Prestasi Belajar di SMA dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Surabaya, IKIP.

Sarumpaet, 1992, Psikologi Pendidikan Anak, Jakarta, Bina Aksara.

Siti Mashithoh, 1995, Hubungan Lingkungan Belajar dan Kebiasaan Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Yogyakarta, Skripsi.

Slameto, 1995, Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya, Salatiga, Rineka Cipta.

Soekoer, 1990, Pengaruh Kemampuan kognitif, Tingkat Disiplin Mahasiswa, Motivasi Terhadap prestasi mahasiswa IKIP Yogyakarta, Yogyakarta, Skripsi.

Sudjana, 1986, Statistika, Bandung, Tarsito.

Sugiyono, 1994, Metodologi Penelitian Administrasi, Bandung, CV Alfabeta.

Sukoco, 1986, Hubungan Antara Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar dan Lama Studi dengan Kemampuan Pengembangan Ilmu, Yogyakarta, Skripsi.

Sumadi Suryabrata, 1987, Dasar-Dasar untuk Pendidikan Sekolah, Jakarta, Prima Karya.

Sutrisno Hadi, 1987, Analisis Regresi, Yogyakarta, Fakultas Psikologi UGM.

The Liang Gie, 1984, Cara-cara Belajar Efisien, Yogyakarta, UGM

Witheringston, 1987, Psikologi Pendidikan , Terjemahan Buchori, Jakarta, Aksara Baru.

Winarno Surachmad, 1992, Pengantar Interaksi Belajar Mengajar Dasar Teknik, Bandung, Tarsito.

Wasti Sumanto,1987, Psikologi Pendidikan Landasan Kerja, Jakarta, PT. Bina Karya.

Diterbitkan

2020-03-24