Pengembangan Materi Reading Berdasarkan Kurikulum 2013 dan 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi)

Penulis

  • Sudarmi Sudarmi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengembangkan materi readinguntuk siswa kelas delapan SMP Negeri 3 Gedangsariberdasarkan Kurikulum 2013 dan 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi, (2) mendeskripsikan respon siswa terhadap materireading yang telah dikembangkan.Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Research and Development (R&d) oleh Borg and Gall (1983) dengan enam tahapan, yaitu pengumpulan data, desain course grid, mengembangkan materi, validasi desain, uji coba produk, serta revisi produk akhir. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Gedangsari, Gunungkidul yang terdiri dari 30 siswa.Teknik pengumpulan data melalui analisis dokumen, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yaitu deskriptif qualitative. Hasil dari penelitian ini berupa materi reading yang dikembangkan berdasarkan Kurikulum 2013 dan metode 3N. Hasil uji coba produk menunjukkan peningkatan kemampuan reading siswa dan metode 3N terbukti mempermudah siswa dalam mempelajari materi reading. Hal ini menunjukkan bahwa materi reading baik digunakan untuk proses belajar mengajar dikelas. Materi dapat diakses secara online di www.schoology.com, sehingga siswa dapat mengakses materi tersebut dimanapun dan kapanpun.

Referensi

Borg, W.R and Gall, M.D. 1983. Educational Research: An Introduction. 7th Ed. New York: Pearson Education, Inc.

Dewantara Ki Hadjar. 2004. Karya K.H Dewantara bagian pertama Pendidikan (kumpulan karangan).Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa

__________________. 2015. Karya K.H Dewantara Pendidikan dan Pengajaran Nasional.Yogyakarta: Multi Presindo

Harmer, Jeremy. 1998. How to Teach English. England: Pearson Education Limited.

Hedgock, J. S & Ferris D.R .2009. Teaching readers of English: students, texts, and contexts. New York: Routledge.

Nation, I.S.P and Macalister, J. (2010) Language Curriculum Design. New York: Routledge.

Putra, L.G.R. (2017). Modul Pelatihan Pemanfaatan E-Learning: Schoology, Your Digital Classroom. Ponorogo:Universitas Darussalam Gontor.

Rosalina, M (2018). Analysis the Use of Schoology E-Learning towards Students’ Learning Motivation Enhancement In Stkip Surya. Indonesian Journal of Science and Education (2). Retrieved January, 7, 2019, from www.jurnal.untidar.ac.id

Rozak, Abdul dan Wardina. 2014. Pengaruh Teknik 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi) Ki Hadjar Dewantara Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa. Cirebon: Arsip Respository FKIP Unswagati

Suroso. 2011. Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Belajar dan Pembelajaran. Salatiga: Scholaria Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol.1 No.1. Mei 2011: 46-72

Diterbitkan

2020-03-24