IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN

Penulis

  • ISKANDAR ZULKARNAIN Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Veronika Unun Pratiwi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Purwani Indri Astuti Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Abstrak

Abstrak : Pendidikan merupakan unsur terpenting dalam kehidupan umat manusia. Pendidikan dasar dimulai dari dalam keluarga kemudian semakin terbentuk  dan berkembang seiring berjalannya waktu dimana setiap individu dibentuk dari keluarga dan sekolah serta lingkungan masyarakat. Tujuan Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara adalah mewujudkan agar rakyat Indonesia menjadi bangsa yang terpelajar, bila kita telusuri lebih jauh ajaran Ki Hajar Dewantara adalah pembangunan karakter pemimpin. Seorang pemimpin dalam ajaran Ki Hajar Dewantara, harus memiliki sifat: Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso, dan Tut Wuri Handayani (pemimpin ialah seseorang yang berada di depan memberikan suri tauladan, di tengah menggerakan semangat dan egaliter serta membangun kehendak, dan di belakang ialah memotivasi atau memberi dorongan bagi orang yang dipimpinnya). Ketiga konsep ini tidak bisa direduksi dan saling mengukuhkan. Karena itu, ketiga konsep ini perlu dibumikan sebagai pilar utama dalam praktik pendidikan di Indonesia. Agar manusia Indonesia tumbuh menjadi pribadi yang bertanggung jawab, dinamis, inovatif, setia pada kebenaran, memiliki keahlian (keterampilan), dan turut berkontribusi dalam pembangunan sosial. Ada beberapa hal yang dapat menunjukkan sebuah perbedaan antara pendidikan dan pembelajaran. Bahwa secara sederhana, pendidikan merupakan usaha sadar dan sengaja untuk mendewasakan peserta didik dengan mentransfer nilai-nilai (value). Sedangkan pembelajaran merupakan usaha sadar dan sengaja untuk mendewasakan peserta didik dengan mentransfer pengetahuan. Media yang terbaik adalah media yang sudah ada di sekitar kita serta tergantung kepada pendidik bagaimana mengembangkan media pembelajaran itu secara tepat. Ada empat jenis media yang membantu pengimplementasian pembelajaran yaitu : Media Visual , Media Audial,Projected still media dan Projected motion media. Sebearnya bukan media pembelajaran yang menentukan hasil belajar namun keberhasilan penggunaan media pembelajaran dalam proses peningkatan hasil belajar.

Kata Kunci: Implementasi, Media Pembelajaran, Pendidikan

Biografi Penulis

ISKANDAR ZULKARNAIN, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

LPPM UNIVET BANTARA SUKOHARJO

Veronika Unun Pratiwi, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Purwani Indri Astuti, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Referensi

Arsyad, A.2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Baharuddin & Wahyuni,EN.2010. Teori Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Daryanto.2011.Media Pembelajaran.Bandung: Satu Nusa.

Darsiti Suratman. Ki Hadjar Dewantara. Jakarta: Majelis Pendidikan dan Kebudayaan. 1985. Helena Asri Sinawang. 2008. Guru dan Watak Bangsa, dari http://www.keyanaku.blogspot.com. Diunduh 28 Maret 2011.

Djahiri, Kosasih.

Dimyati dan Mudjiono.2009.Belajar dan Pembelajaran.Jakarta; PT Rineka Cipta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1991

Ki Hajar Dewantara. Karya Ki Hajar Dewantara. Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa Yogyakarta. 1977.

Meilani, Sri Martini. Pengantar Ilmu Pendidikan. Universitas Negei Jakarta. 2011.

Tirtarahardja, Umar dan S.L. La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Undang-Undang Dasar Republik Indonesia1945 Amandemen

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003

Diterbitkan

2020-03-25