MANAJEMEN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 PADA SMP NEGERI 1 KARANGANYAR

Authors

  • Astha Mulyaharjana SMP Tamandewasa Karanganyar Kebumen

Abstract

Tujuan seminar adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi manajemen pembelajaran kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Karanganyar. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknis analisis data model Miles dan Huberman. Hasil kajian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran kurikulum 2013 yaitu membuat program tahunan, program semester, dan RPP. (2) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan guru melalui kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Guru menerapkan pendekatan saintifik dalam kegiatan inti meliputi mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. (3) Sekolah telah dianggap siap sebagai sekolah pilot project untuk menerapkan kurikulum 2013 dan telah memenuhi kriteria persiapan pemberlakuan kurikulum 2013 serta pelaksanaannya juga telah berlangsung sesuai kurikulum yang diterapkan. Temuan tersebut memberikan acuan bagi guru dan sekolah dalam memperbaiki peranannya dalam manajemen pembelajaran kurikulum 2013

References

Abdul Majid dan Chaerul Rochman. 2014. Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Abdul Majid. 2012. Perencanaan Pembelajaran; Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

E. Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Imas Kurniasih dan Berlin Sani. 2014. Perancangan Pembelajaran Prosedur Pembuatan RPP yang Sesuai dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik., Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.

M. Daryanto. Administrasi dan Manajemen Sekolah; untuk Mahasiswa, Guru, dan Peserta Kuliah Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hosnan, M., 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21, Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Muchith, M. Saekhan. 2008. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail Media Group.

Mulyono. 2010. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Sholeh Hidayat. 2014. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sunarti dan SellyRahmawati. 2014. Penilaian Kurikulum 2013 Membantu Guru dan Calon Guru Mengetahui Langkah-langkah Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: Andi.

Suprihatin dkk,. 2004. Manajemen Sekolah. Semarang: UPT UNNES Press.

Syaiful Syagala. 2003. Konsep dan Wawasan Pembelajaran. Bandung:Alfabeta

Undang-undang No 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional. Departemen Pendidikan Nasional Indonesia.

Wina Sanjaya. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Published

2020-03-25

Citation Check