SUPERVISI TAJAM TERSTRUKTUR CARA AMPUH MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYAMPAIKAN MATERI YANG EFEKTIF DAN EFISIEN
Abstract
Abstrak: Supervisi Tajam Terstruktur Cara Ampuh Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyampaikan Materi Yang Efektif Dan Efisien , Best Practice, Yogyakarta : Program Pascasarjana S2 Manajemen Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran yang efektif dan efisien dengan cara ampuh yaitu supervisi tajam terstruktur.
Subyek dalam penelitian ini adalah melakukan supervisi tajam terstruktur untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyampaikan materi. Penelitian ini dilakukan dengan pengamatan dan pengawasan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, diskusi, dan studi dokumen. pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, diskusi dan studi dokumen dan lembar pengamatan proses maupun hasil belajar selama di kelas. Teknik analisis datanya menggunakan Kualifikasi deskriptif.
Dalam menjalankan tugas sebagai Kepala Sekolah di SD Kadiresa pada awalnya Penulis menemukan permasalahan pada minimnya kemampuan guru dalam menyiapkan dan melaksanakan proses pembelajaran sangat rendah. Motivasi guru untuk belajar dan meningkatkan kemampuan profesionalnya yang tidak bersemangat, Untuk mengatasi hal ini penulis memilih pendekatan supervisi, tajam terstruktur untuk membuka peluang terciptanya komunikasi dua arah yang saling mengisi. Teknis bimbingan ini ditransformasikan ke dalam langkah operasional dalam bentuk langkah nyata, yaitu langkah operasional bagi guru yang terdiri atas observasi, wawancara, diskusi, studi dokumen, semua langkah operasional ini terbukti mampu meningkatkan kompetensi guru dalam menyampaikan materi dengan efektif dan efisien.
Kata Kunci : supervisi, tajam, terstruktur
 Abstract: Sharp Structured Supervision Effective Way to Improve Teacher Competence in Delivering Effective and Efficient Materials, Best Practice, Yogyakarta: Postgraduate Program in Management Education, Sarjanawiyata Tamansiswa University.
This study aims to improve teacher competency in delivering effective and efficient learning materials in a powerful way namely structured sharp supervision
The subjects in this study were conducting structured sharp supervision to improve teacher competency in delivering material. This research was conducted by observation and supervision. Data collection methods used in this research are observation, interview, discussion, and document study. Data collection used are observation sheets, interviews, discussion and study documents and observation sheets of the process and learning outcomes during class. The data analysis technique uses descriptive qualifications.
In carrying out their duties as Principal at Kadiresa Elementary School at first the author found problems in the lack of teacher's ability to prepare and implement the learning process very low. Teachers' motivation to learn and improve their professional skills that are not enthusiastic, To overcome this the authors choose the supervision approach, sharp structured to open opportunities for the creation of two-way communication that complement each other. This technical guidance is transformed into operational steps in the form of concrete steps, namely operational steps for teachers consisting of observations, interviews, discussions, document studies, all of these operational steps are proven to be able to increase teacher competency in delivering material effectively and efficiently. .
Keywords: supervision, sharp, structured