PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PENGGUNAAN ALAT PERAGA MELALUI SUPERVISI KLINIS BERKELANJUTAN DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Suharwanti Suharwanti

Abstrak

Abstrak: Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru-guru di SD dalam menggunakan alat peraga  melalui supervisi klinis. Kegiatan dalam penelitian ini terdiri atas tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik obeservasi kelas. Instrumen observasi yang digunakan adalah alat penilaian kemampuan guru (APKG) berupa Instrument penilaian administrasi pembelajaran . Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif komparatif. Data kuantitatif yang diperoleh di deskripsikan dalam bentuk kata-kata atau penjelasan. Selanjutkan dilakukan komparasi data untuk memastikan ada tidaknya peningkatan kemampuan guru dalam penilaian administrasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki kemampuan awal dengan kriteria rata-rata kurang, setelah diadakan perbaikan pada siklus pertama diperoleh hasil dengan rata-rata kriteria masih kurang, namun setelah diadakan perbaikan dengan siklus dua pertemuan dua maka hasil yang diperoleh rata-rata baik, bahkan ada guru memperoleh hasil baik sekali. Berarti peningkatan kemampuan kompetensi guru kelas dalam proses pembelajaran menggunakan alat peraga melalui supervisi klinis berkelanjutan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan terhadap kondisi awal sekolah yaitu terjadi peningkatan pada siklus dua pertemuan kedua dengan menggunakan supervisi klinis berkelanjutan pada guru.

Kata Kunci :Kompetensi guru, penggunaan alat peraga,supervise klinis berkelanjutan

 

Abstract : The research objective is to improve the pedagogical competence of teachers in primary schools in using teaching aids through clinical supervision. The activities in this study consisted of the stages of action planning, action implementation, observation, and reflection. Data collection techniques using class observation techniques. The observation instrument used was a teacher's ability assessment tool (APKG) in the form of a learning administration assessment Instrument. Analysis of the data used is a comparative descriptive analysis technique. Quantitative data obtained is described in the form of words or explanations. Data comparison is then continued to ensure whether there is an increase in the ability of teachers in the assessment of learning administration. The results showed that the teacher had an initial ability with average criteria less, after improvements were made in the first cycle obtained results with an average criterion was still lacking, but after an improvement with two cycles of two meetings the results obtained were average good, even there are teachers who get excellent results. Means an increase in the competence of classroom teacher skills in the learning process using teaching aids through ongoing clinical supervision can be concluded that there was a significant increase in the initial conditions of school that is an increase in the second cycle of the second meeting by using sustainable clinical supervision on teachers.

Keywords: Teacher competence, the use of teaching aids, ongoing clinical supervision

Keywords: academic supervision, student therapy models, learning quality

Diterbitkan

2020-04-06