HABIT FORMATION BERKOMUNIKASI BAHASA INGGRIS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS VETERAN BANGUN NUSANTARA SUKOHARJO

Penulis

  • Arin Arianti UNIVERSITAS VETERAN BANGUN NUSANTARA SUKOHARJO
  • Nurnaningsih Nurnaningsih
  • Veronika Unun Pratiwi

Abstrak

Mengkomunikasikan bahasa Inggris  dalam percakapan sehari-hari secara optimal di lingkungan pendidikan perlu dibiasakan. Membuat mahasiswa bisa berkomunikasi berbahasa Inggris, tidak cukup hanya mengandalkan kegiatan perkuliahan di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahu habitual forming berkomunikasi Bahasa Inggris pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universtias Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 2 dimana sebagian besar mahasiswanya terlibat aktif dalam Students Union of English Department (SUED). Wawancara dan observasi dilakukan untuk mengmbil data pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pembelajaran pembiasaan Bahasa Inggris yang diterapkan di Progdi Bahasa Inggris dengan pembiasaan melalui motivasi terkait belajar bahasa Inggris sebagai kebutuhan nyata untuk berkomunikasi, serta pembiasaan dengan praktek secara langsung melalui implementasi classroom languages dalam interaksi di kelas dan aplikasi English Day dalam interaksi diluar kelas.

 

Referensi

Bourques, Marie-Nancy. 2006. E-pals to Motivate Students: How Fully Integrated Email Exchange Can Help Motivate Low-level Students. The JALT CALL Journal, Vol. 2(3): 15-28.

Dimas, Muhammad Rasyid, 2005. Kiat Mempengaruhi Jiwa dan Akal Anak. Bandung: Syamil

Cipta Media

E. Mulyasa. Manajemen Pendidikan Karakter, h.166

Mackey, Alison. 2012. Input, Interaction, and Corrective Feedback in L2 Learning. UK: Oxford University Press.

Maurer, Jay K. 1997. Presentation, Practice, and Production in the EFL Class. The Language Teacher, Vol. 21(9). http://jalt.publications.org/tlt/articles.

Musthafa, Bachrudin. 2002. Teaching English in Indonesia: Status, Issues, and Challenges. ESL Magazine: (pp. 26-28).

O’Sullivan, Mary. 2008. A Study of Motivation in the EFL Classroom http://hdl.handle.net/10441/625.

Ramayulis, 1998. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: KALAM MULIA

Spolsky, Bernard. 1989. Conditions for Learning English as a Second Language. New York: Oxford University Press.

Unduhan

Diterbitkan

2020-07-14