Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI TKRO C
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar materi limit fungsi aljabar kelas XI TKRO C SMKN 1 Sedayu Bantul. Pelaksanaannya pada bulan April–Juli tahun 2021. PTK  dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus melalui tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dengan lembar pengamatan aktivitas pendidik. Motivasi belajar diamati dengan aktivitas peserta didik dan respon peserta didik. Lembar soal/tes untuk mengukur prestasi belajar. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif, diskriptif kualitatif dan uji t (T-test). indikator keberhasilan penelitian ini apabila 70% peserta didik mempunyai motivasi belajar tinggi dan 75% peserta didik memperoleh penilaian hasil belajar di atas KKM. Hasil penelitian ini antara lain: 1) motivasi belajar meningkat dari 64,53% saat pra siklus menjadi 81,4% pada siklus 1 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 88,42%; 2) persentase ketuntasan belajar dari pra siklus, siklus1, dan siklus 2 meningkat beruturut-turut dari 22,9% ; 62,9% dan 77,1%; 3) nilai rata-rata meningkat signifikan dari 44 pada pra siklus menjadi 67,4 pada siklus 1 dan meningkat menjadi 70,9 pada siklus 2
Article Details
References
Abidin, Z., Hudaya, A., dan Anjani, D. 2020. Efektivitas pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19. Research and development journal of education, Special edition, halaman 131 – 146. p–ISSN 2406-9744, e–ISSN 2657-1056. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659.
Ambarsari, T. 2020. Upaya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan model discovery learning melalui google classroom di SMA negeri 1 bayat, Habitus: Jurnal pendidikan, sosiologi, & antropologi, volume IV nomor 1 halaman: 109-120. ISSN: 2597-9264. https://dx.doi.org/10.20961/habitus.v4i1.45776.
Cintia, N.I., Kristin, F., Anugraheni, I. 2018. Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar peserta didik. Jurnal perspektif ilmu pendidikan, volume 32 nomor 1, halaman: 69-77.
Ghufron, G. 2018. Revolusi industri 4.0: tantangan, peluang, dan solusi bagi dunia pendidikan. Prosiding seminar nasional dan diskusi panel multidisiplin hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, halaman: 332-337. Universitas Indraprasta PGRI. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/dispanas2018/article/viewFile/73/45.
Maharani, Y.B., & Hardini, I. T. A. 2017. Penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan benda konkret untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal mitra pendidikan ( Vol 1 No.5). Universitas Kristen Satya Wacana.
Mendikbud. 2016. Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 22 tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Mendikbud. 2020. Surat edaran menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan selama masa darurat penyebaran coronavirus desease (covid-19). Jakarta: Kemendikbud.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P.B., Wijayanti, L.M., dll. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. Journal of education, psychology and counseling. Vol 2 No 1. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397.
Rosdiana, Boleng, D.T., dan Susilo. 2017. Pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap efektivitas dan hasil belajar peserta didik. Jurnal pendidikan: teori, penelitian dan pengembangan. Volume: 2 Nomor: 8 Halaman: 1060—1064. EISSN: 2502-471X, DOAJ-SHERPA/RoMEO-Google Scholar-IPI. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/.
Setiyani, I. 2019. Manajemen pembelajaran IPA melalui model pembelajaran discovery learning. Prosiding seminar nasional, “Penguatan karakter berbasis literasi ajaran tamanpeserta didik menghadapi revolusi industri 4.0â€, Prodi Magister Manajemen Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamanpeserta didik, halaman : 118 - 125. ISBN: 978â€602â€53231â€3â€3.
Simanihuruk, L., Simarmata, J., Sudirman, A., Hasibuan, M.S., Safitri, M., dll. 2019. E-Learning: Implementasi, strategi, dan inovasinya. Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono. 2015. Metode penelitian manajemen (pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, penelitian tindakan, penelitian evaluasi). Bandung: Alfabeta.
Suryana, M. F. 2018. Upaya meningkatkan prestasi belajar materi bangun segiempat melalui model discovery learning pada peserta didik kelas VII C SMP negeri 3 teras kabupaten boyolali semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Jurnal varidika. https://dx.doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6544.