Efektifitas Penggunaan Aplikasi WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Dalam Tatanan Kenormalan Baru di MTsN 1 Gunungkidul
Main Article Content
Abstract
Penelitian dilakukan di MTs N 1 Gunungkidul yang berada di kecamatan Playen kabupaten Gunungkidul untuk mengetahui Efektifitas Penggunaan Aplikasi WhatsApp sebagai Media Pembelajaran Alternatif dalam Tatanan Kenormalan Baru. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) menggunakan pendekatan kualitatif deksriptif, dimana peneliti akan memanfaatkan data-data kualitatif kemudian dijabarkan secara deskriptif dengan melihat realitas di lapangan secara praktis bagaimana penggunaan WhatsApp sebagai media pembelajaran alternatif dalam tatanan kenormalan baru di MTsN 1 Gunungkidul.
Penelitian dilakukan sejak bulan Januari hingga Juni 2021. Subyek dipilih dengan Teknik purposive sampling, sedangkan data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan Teknik triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut: WhatsApp dipilih sebagai media pembelajaran alternatif dalam KBM daring di MTsN 1 Gunungkidul selama satu tahun pelajaran 2020/2021. Pemilihan media WhatsApp ini dengan berbagai pertimbangan, salah satunya karena keterbatasan perangkat TIK yang dimiliki siswa serta faktor sinyal di lokasi madrasah dan rumah siswa. Â Meskipun aplikasi WhatsApp merupakan media yang paling banyak digunakan dan disukai oleh siswa dan guru, namun penggunaan WhatsApp sebagai media pembelajaran belum efektif dalam menunjang proses KBM daring di MTsN 1 Gunungkidul.