Pengaruh Penggunaan Microsoft Teams, Motivasi Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SDN Kapanewon Patuk Gunungkidul
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan pembelajaran Microsoft Teams terhadap prestasi, 2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar l, dan 3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah Subyek penelitian ini adalah siswa SDN di Kapanewon Patuk Gunungkidul. Siswa yang terlibat dalam kegiatan penelitian ini sebanyak 31 siswa SDN di Kapanewon Patuk Gunungkidul. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik parametrik. Sebelum dilakukan uji hipotesis, maka dilakukan beberapa uji asumsi, yang terdiri dari uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Kemudian baru dilakukan uji regresi linier berganda dimana dalamnya ada uji F, uji t dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini ada pengaruh penggunaan Microsof Teams terhadap hasil belajar. Ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar. Ada pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar. Bahwa variabel penggunaan Microsoft Teams, motivasi belajar dan fasilitas belajar mampu memberikan sumbangan pengaruh sebesar 59,3%. Bahwa secara simultan variabel penggunaan Microsoft Teams, motivasi belajar dan fasilitas belajar mempunyai pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar.
Article Details
References
Dwijoseno, A. (2016). Pengaruh Motivasi, Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Sistem Kopling Siswa Kelas Xi Smk Cipta Karya Prembun Kebumen Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif_Universitas Muhammadiyah Purworejo, 05(01), 2014–2017.
Endang Widi Winarni. 2011. Penelitian Pendidikan, (Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP UNIB), 46.
Evan Romadhoni. 2019. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Bahasa Indonesia. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 6, No. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 4, No.22, Desember 228
Hirsh-Pasek, K., Zosh, J.M., Golinkoff, R.M., Gray, J.H., Robb,M.B., dan Kaufman, J., 2015. Putting Education in â€Educational†apps: Lessons From teh Science of Learning, Psychological Science in the Public Interest, Vol 16, No 1, Hal. 3-34.
Mulyadi, D., Wijayatiningsih, T. D., Budiastuti, R. E., Ifadah, M., & Aimah, S. (2020). Technological pedagogical and content knowledge of ESP teachers in blended learning format dalam International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(6), 126– 139. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i06.11490
Nurrokmah, I.E. dan Sunarto, W., 2013. Pengaruh Penerapan Virtual Lab Berbasis Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa, Chemistry in Education, Vol 2, No 1, Hal. 201- 208.
Prasetyo, Y.D., Yektyastuti, R., Solihah, M., Ikhsan, J. dan Sugiyarto, K.H., 2015, Pengaruh penggunaan penggunaan pembelajaran kimia berbasis aplikasi android terhadap peningkatan motivasi siswa SMA, Seminar Nasional Pendidikan Sains V, UNS.
Sundayana, Rostina. 2015. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Valk, J.H., Rashid, A.T., dan Elder, L., 2010,Using Mobile Phones to Improve Educational Outcomes:An Analysis of Evidence from Asia, International Review of Research in Open and Distance Learning,Vol. 11, No 1, Hal. 117-140.
Wijaya, D. 2016. Pengaruh Kinerja Guru Fasilitas Pembelajaran dan Keselamatan XI Teknik Sepeda Motor SMKN 8 Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknik
Otomotif_Universitas Muhammadiyah Purworejo, 7(01), 76–79.