Peningkatan Karakter Kemandirian dan Peduli Lingkungan dengan Metode Farming Gardening Project pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelompok Bermain Surya Melati
Main Article Content
Abstract
Pada masa pandemic COVID-19 siswa harus belajar di rumah. Oleh karena itu, pembelajaran harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi lingkungan tempat tinggal peserta didik. Salah satu strategi yang dilakukan oleh pendidik PAUD di Kelompok Bermain Surya Melati pada masa pandemic covid-19 untuk mengembangkan karakter anak yaitu dengan metode farming gardening project. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan perkembangan karakter kemandirian dan peduli lingkungan bagi anak usia dini (3-4 tahun) di kelompok bermain â€Surya Melati†Notogaten Jurangjero Ngawen Gunungkidul. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi secara deskriptif kuantitatif persentase. Jumlah anak dalam penelitian ini sebanyak 25 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode farming gardening project untuk meningkatkan perkembangan karakter kemandirian dan peduli lingkungan pada anak yaitu 8% sangat baik, 80%baik, dan 12 % cukup.
Article Details
References
’Ayuna, Q., & Fitriani, F. (2018). Peningkatan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Cerita Islami. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA), 3(4), 101–123.
Barat, T. K. (n.d.). Issn : 2580 – 4197. 7–20.
Bimbingan, M., & Calon, T. (2021). PRA LITERASI , PRA NUMERASI.
Hamidah, M. (2017). Meningkatkan Nilai - Nilai Karakter Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(1).
Jahara. (2018). Pena Kreatif : PENA KREATIF Jurnal Pendidikan, 7(2), 42–52. http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/JPK/article/view/1396
Khosiah, S. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Farming Gardening Project Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Fikrah : Journal of Islamic Education, 1(2). https://doi.org/10.32507/fikrah.v1i2.241
Kristiana, D. (2017). Peningkatan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Kesenian Reyog Ponorogo. Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 2(1), 12–27. https://doi.org/10.24269/jin.v2n1.2017.pp12-27
Mertayasa, I. W., & Sudarsana, I. K. (2018). Pendidikan Karakter untuk AUD | 1.
Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Remaja Rosdakarya.
Pendidikan, J. (2019). Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini La Hadisi. (2015). Jurnal Al-Ta’did, 8(2), 50–69. http://repository.iiq.ac.id/handle/123456789/228
Puspaningrum, R., Rahmawati, A., & Dewi, N. K. (2018). Application of Gardening Project in Kindergarten. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(1), 676–680. https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23664