PERAN KEPALA SEKOLAH DAN INOVASI PEMBELAJARAN TERHADAP MUTU PENDIDIKAN PADA MASA PANDEMI
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Â
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: a) Pengaruh peran kepala sekolah dan inovasi pembelajaran terhadap mutu pendidikan secara bersama-sama. b) Pengaruh peran kepala sekolah terhadap mutu pendidikan. c) Inovasi pembelajaran terhadap mutu pendidikan. Penelitian ini dilakukan di Gugus I Playen, Kabupaten Gunungkidul pada tahun 2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasi penelitian ini sejumlah 62 orang yang merupakan guru-guru di gugus I Playen. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 30 orang guru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan regresi ganda dengan dua prediktor. Uji hipotesis secara bersama-sama menggunakan analisis regresi, dilanjutkan uji hipotesis secara sendiri-sendiri dengan analisis korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak ada pengaruh positif dan tidak signifikan peran kepala sekolah, dan inovasi pembelajaran secara bersama-sama terhadap mutu pendidikan, (2) tidak ada pengaruh positif dan tidak signifikan peran kepala sekolah terhadap mutu pendidikan, (3) tidak ada pengaruh positif dan tidak signifikan inovasi pembelajaran terhadap mutu pendidikan.Â
Abstract
This study aims to determine: a) The effect of the role of the principal and learning innovation on the quality of education together. b) The influence of the principal's role on the quality of education. c) Learning innovation on the quality of education. This research was conducted in Cluster I Kapanewon Playen, Gunungkidul Regency in 2021. This type of research is quantitative research using survey methods. The population of this research is 62 people who are teachers in cluster I Playen. This study took a sample of 30 teachers. The sampling technique used is simple random sampling technique. Data collection using a questionnaire. The data analysis technique used multiple regression with two predictors. Test the hypothesis together using regression analysis, followed by hypothesis testing individually with partial correlation analysis. The results showed that: (1) there was no positive and insignificant effect on the role of the principal, and learning innovation together on the quality of education, (2) there was no positive and insignificant effect on the role of the principal on the quality of education, (3) there is no positive and insignificant effect of learning innovation on the quality of education.
Â
Â
Article Details
References
Amalina, A. (2020). Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19 Tahun 2020. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 538. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.592
Badrudin, B., Muliawati, T., Russamsi, Y., & Prayoga, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kelompok Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 66–75. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v8i1.1151
Fitria, H., & Samsia, S. (2020). Peran Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Program Sekolah Adiwiyata. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(1), 84. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i1.3541
Fitriyah, I., & Santosa, A. B. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(1), 65. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i1.3538
Jaya, J. (2019). Tolis Ilmiah : Jurnal Penelitian Tolis Ilmiah : Jurnal Penelitian. Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian, 1(2), 124–129.
Lepe, F. (2020). JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education Peningkatan Komitmen Tugas Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Peran Kepala Sekolah di SMA Negeri 1 Bola. 2, 9–17.
Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa Pendahuluan. 3(2), 289–295.
Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2018). Inovasi Pembelajaran Elektronik dan Tantangan Guru Abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 10. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.79
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. CV. Alfabeta.
Sutisno, A. N., & Nurdiyanti, D. (2020). Sistem Daring Pembelajaran Jarak Jauh sebagai Realisasi Merdeka Belajar di Masa Pandemi. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), 265. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i2.45286
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705
Wening, M. H., & Santosa, A. B. (2020). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menghadapi Era Digital 4.0. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(1), 56. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i1.3537