KEMAMPUAN GURU DALAM INOVASI PEMBELAJARAN MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI DAN MEDIA ERA PANDEMI COVID 19

Main Article Content

erna dwiningsih

Abstract

Pandemi Covid 19 telah mengubah praktik pembelajaran dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh. Oleh karena itu, diperlukan kemampuan guru dalam inovasi pembelajaran melalui teknologi dan media sehingga proses pembelajaran tetap bisa berjalan dengan baik. Kemampuan guru akan inovasi pembelajaran melalui teknologi dan media akan mampu memperbaiki kesempatan belajar siswa yang hilang di saat pandemi covid 19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan dan analisis data penelitian ini bersifat interaktif, berlangsung, dan saling berkaiatan. Strategi pengumpulan dan analisis data terdiri dari perencanaan, memulai pengumpulan data, pengumpulan data dasar, pengumpulan data penutup, dan melengkapi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam inovasi pembelajaran melalui pemanfaatan teknologi dan media era pandemi covid 19 dilakukan oleh semua guru sekolah dasar di Kota Magelang.

Article Details

Section
Artikel

References

Bele Sole, Ferdinandus & Made Anggraeni, Desak. 2018. Inovasi pembelajaran elektronik dan tantangan guru abad 21. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, Vol. 2 Nomor. 1, halaman 10 – 18.

Daryanto, Farid, M.MT. 2013. Konsep dasar manajemen pendidikan di sekolah, Yogyakarta: Gava Media.

Derap guru. (2020, September). Laporan khusus: Pendidikan karakter dan akhlak mulia harus tatap muka (Pemikiran kritis untuk pembelajaran jarak jauh). Copi editor, 248, 20.

Derap guru. (2020, September). Laporan khusus: Menguarai permasalahan pembelajaran daring. Copi editor, 248, 16.

Derap guru. (2020, September). Laporan khusus: Ironi perpanjangan PJJ. Copi editor, 248, 17.

Derap guru. (2020, November). SLCC: Google incognito. Tokoh inspiratif, 250, 29.

Sukmadinata, N.S. 2017. Metode peneliian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2017. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Suryani, N., Setiawan, A., dan Putria A. 2019. Media pembelajaran inovatif dan pengembangannya. Bandung: Rosdakarya.

Tilaar, H.A.R. 2016. Guru kita artis karekter dan kecerdasan. Yogyakarta: lamarera.

Mahfud, H., Adi, F.P., Atmojo, I.R.W. 2019. Peningkatan kompetensi evaluasi pembelajaran berbasis teknologi pada guru SD di kota surakarta, Manajemen media pendidikan, Vol. 7 Nomor 2, halaman 146 – 150.

Muchtarom, Yunitasari & Yuliandari, Erna. 2016. Studi analisis kompetensi pedagogik guru Pendidikan kewarganegaraan dalam penguasaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi pada smp negeri di kecamatan selogiri. Artikel Penelitian: Pkn Progresif, Vol. 11 Nomor 2, halaman 442 – 451.

Nasrudin & Kurniawan, Heru. 2016. Pengembangan kontem e-learning melalui learning content development system sebagai inovasi pembelajaran, Media manajemen pendidikan, halaman 1 – 5

Nurryna, A.F. 2009. Pengembangan media Pendidikan untuk inovasi pembelajaran. Journal Speed: Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, Vol. 1 Nomor 2, halaman 1 – 5.

Setiawan, Dewi., Maharta, Nengah., and Sesunan, Feriansyah. 2012. Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi, informasi, dan komunikasi pada materi kemagnetan, Manajemen media pendidikan, halaman 61 – 71