Strategi Inovasi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SD Kecamatan Magelang Selatan

Main Article Content

Esti Hariyanti

Abstract

Masalah yang dibahas pada kajian pembelajaran daring adalah bagaimana mengimplementasikan strategi inovasi pembelajaran daring di masa pandemi covid 19 yang bisa meningkatkan kompetensi professional guru. Tujuan kajian ilmiah ini adalah diperolehnya berbagai macam strategi inovasi yang tepat untuk mengoptimalkan penerapan strategi inovasi sebagai media pembelajaran daring di masa pandemi covid 19 dalam pelayanan pembelajaran yang terbaik; sehingga peserta didik dapat belajar dengan menyenangkan; berpikir kritis; kreatif; berkolaborasi; dan komunikatif; yang sekaligus dapat meningkatkan kompetensi professional guru.  Penerapan strategi pembelajaran daring yang awalnya hanya dengan whatsaap sebesar 77 %; media lainnya 23 %; dengan pembinaan dan pembimbingan media yang digunakan menjadi lebih bervariasi melalui zoom; video pembelajaran; google meet; quizziz; google form dan lainnya menjadi 75,4%; dan dengan whatsaap tinggal 24,6%. Berbagai macam strategi inovasi media pembelajaran yang digunakan ini membuktikan adanya peningkatan kompetensi professional guru yang semakin meningkat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dimana data diperoleh secara primer dan sekunder. Pengumpulan data lebih dominan melalui observasi studi dokumen dan kuisioner melalui google form. Berbagai strategi inovasi pembelajaran daring dilakukan oleh guru untuk memastikan pembelajaran dapat berjalan efektif meskipun dilakukan dari rumah. Strategi terbaik yang diimplementasikan dapat dijadikan sebagai karya ilmiah untuk mewujudkan peningkatan kompetensi professional guru yang dibutuhkan dalam memenuhi kebutuhan angka kredit dalam jabatannya.


 

Article Details

Section
Artikel

References

DAFTAR PUSTAKA

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Surat Edaran Kemdikbud No 4 Tahun 2020 mengenai Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19).Jakarta:Kemendikbud.Sumber:https://www.kemdikbud.go.id/main /blog/ 2020/03/ mendikbud-terbitkan-se-tentang pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa darurat-covid19

Kemdikbud,BP SDM Pendidik dan Penjaminan Mutu Pendidikan. (2019). Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Buku 1 edisi revisi.

Kemdikbud, Dirjend GTK. (2019). Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan Angka Kreditnya. Buku 4 edisi revisi.

Kemdikbud,Dirjend GTK. (2019). Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru. Penilian Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Buku 5 edisi revisi.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99-110. 10.24235/ileal. v3i1.1820

Kusnandi. (2017). Model Inovasi Pendidikan dengan Strategi implementasi Konsepâ€Dare To Be Differentâ€. Jurnal Wahana Pendidikan.Volume 4,1, Januari 2017.

Matriza. (2016). Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah dalam Rangka Meningkatkan Profesinal Guru pada Sekolah Dasar, Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Lima Puluh Kota. Abstrak Tesis.Jakarta: Program Pascasarjana, Universitas Terbuka Jakarta

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1)

Soenarto, Sunarto. (2020). Produktifitas di Masa Pandemi Covid Artikel Webinar, ADGVI Yogyakarta

Sadikin, A., Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Volume 6, Nomor 02. Tahun 2020. Hal 214-224.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Peneltian Pendidikan). Edisi Ke -3, Cetakan ke-1, April 2019, Penerbit Afabeta, Bandung

Susanti, Sri. (2020). Inovasi Pembelajaran daring dalam Merdeka Belajar. http://stp-mataram.e-journal.id/JHI. Vol 9 No.2.Desember 2020