Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Problem Base Learning (PBL) dan Media Tayangan Youtube Masa Pandemi Covid-19 SISWA SMP Pembangunan Karangmojo

Main Article Content

Detok Wijayanto

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar bahasa Indonesia dengan model Problem Base Learning (PBL) dan media tayangan Youtobe pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subyek Penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Pembangunan Karangmojo Gunungkidul yang berjumlah 30 orang siswa. Hasil belajar materi teks deskripsi pada kelas VII A berjalan dengan efektif dan peningkatan nilai di kelas tersebut sudah berhasil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan respon siswa terhadap pembelajaran jarak jauh (PJJ) terbukti pada siklus I  hasil penelitian tersebut terdapat nilai rata-rata tes awal 66,70 dan tes akhir 88,67 sehingga terdapat perbedaan pada penelitian ini dan berdasarkan perhitungan statistik diperoleh thitung = 4,74 > ttabel = 2,00 yang berarti bahwa hasil test akhir lebih baik dari tes awal serta model PBL efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks deskripsi. Pada siklus yang ke dua terdapat nilai rata-rata tes awal 88,33 dan tes akhir 92,67 berdasarkan perhitungan statistik diperoleh thitung = 5,04 > ttabel = 2,00 yang berarti bahwa hasil test akhir lebih baik dari tes awal serta model PBL sangat efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks deskripsi.

Abstract: This study aims to increase motivation to learn Indonesian with the
Problem Base Learning (PBL) model and views Youtobe media during the Covid-19pandemic. This research method uses classroom action research methods. The
research subjects were students of class VII A
Pembangunan Karangmojo Junior High School, totaling 30 students. Material learning outcame the description text on class VII A 1 runs effectively and the grade increase has been successful. The results of this study indicate that an increase in student responses to distance learning (PJJ) is proven in the first cycle the results of this study there is an average value of the initial test 66,7 and the final test 88,5 so there is a difference in this study and based on statistical calculations obtained t = 4.74> t table = 2.00 which means that the final test results better than the initial test as well as the PBL model is  effectively used in learning writing negotiating text.In the second circle there is an average value of the initial test 88,67 and the final test 92,67 so there is a difference in this study and based on statistical calculations obtained t = 5.04> t table = 2.00 which means that the final test results better than the initial test as well as the PBL model is very effectively used in learning writing negotiating text.

Article Details

Section
Artikel
Author Biography

Detok Wijayanto, SMP Pembangunan Karangmojo

Mengajar di SMP Pembangunan Karangmojo sebagai guru Bahasa Indonesia.

References

Amalia, S. R., & Purnamasari, V. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. 3(5), 2040–2047.

Anugraheni, I. (n.d.). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. 9–18.

Fakhriyah, F. (2014). Penerapan problem based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95–101. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2906

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sd. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338

Kelas, D. I., & Bandar, V. M. I. N. (2020). PEMANFAATAN PROGRAM KEAGAMAAN PADA YOUTUBE DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS V MIN 11 BANDAR LAMPUNG Oleh Fitri Yana.

Pakpahan, J. (n.d.). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Edukasi Kultura, 24.

Pardimin. STATISTIKA

Sedana, I. N. (2017). INDONESIA MELALUI PENUGASAN MENCONTOH PENYIAR BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. 3.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alvabeta.

Widyantara, I., & Rasna, I. (2020). Penggunaan Media Youtube Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 113–122. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3531/pdf