Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pancasila Dan Kewarganegaraan Di SD Islam Al Iman Kota Magelang

Main Article Content

tri purwati

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan bagaimana penguatan  pendidikan karakter di SD Islam Al-Iman Kota Magelang, bagaimana penerapan penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran PPKn, serta sejauh mana kontribusi pembelajaran PPKn terhadap penguatan pendidikan karakter bagi peserta didik. Pendidikan karakter merupakan upaya yang dilakukan oleh pendidik untuk mempengaruhi karakter peserta didik dalam membentuk watak dan perilaku yang tertanam dalam kehidupan sehari-hari.Bagi pendidik, pendidikan karakter merupakan suatu kesadaran pribadi untuk selalu berbuat baik dan berperilaku yang dapat diteladani oleh para peserta didik, karena pendidikan karakter memiliki makna yang sama dengan pendidikan moral dan akhlak, sehingga peserta didik menjadi manusia , warga masyarakat, dan warga negara yang baik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskripsi kualitatif. Penelitian dilakukan di SD Islam Al-Iman Kota Magelang. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan questioner. Tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Tehnik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan langkah terakhir yaitu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini yaitu: 1. Pendidikan karakter sangat diperlukan untuk membentuk generasi muda agar dapat mengembangkan diri dan memiliki karakter yang baik, 2. Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan adalah pembelajaran yang menanamkan nilai-nilai moral  dan sikap yang baik kepada peserta didik, dan 3. Sebagai pendidik, guru adalah profil yang benar-benar harus dapat mengamalkan nilai-nilai sikap yang baik untuk dijadikan tauladan bagi peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Penguatan Pendidikan karakter dapat menciptakan generasi yang cerdas, berwawasan luas, mandiri, dan memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi.

 

Kata Kunci: penguatan pendidikan karakter, pembelajaran PPKn

Article Details

Section
Artikel

References

Daftar Pustaka

Arkani,H.2017.Pembentukan Kepribadian Guru Melalui Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Atas Puspita Kabupaten Banyuasin.Jurnal Univ PGRI Palembang,2(1):1.

Badawi.2019.Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Akhlak Mulia Di Sekolah. Seminar Nasional Pendidikan 207-218.Retrieved from https : //jurnal.umj.ac.id/indexphp/SEMNASFIP/index.

Harahap,ACP.2019.Character Building Pendidikan Karakter Al-Irsyad.Jurnal Pendidikan dan Konseling,9 (1).1-11.

Kemdikbud.2018.Info Grafis Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK),Dalam Website: https://www.kemdikbud.go.id. Diakses 24 November 2018.

Murniyetti,D. 2016. Pola Pelaksanaan Pendidikan Karakter Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, VI (2),156-166.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Presiden Republik Indonesia. Penguatan Pendidikan Karakter. Peraturan Presiden Republik Indonesia No.87 Tahun 2017, 6 September 2017.

Sugiana,A. 2019. Penanaman Nilai Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab di SMK Ethika Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1 (1), 105-116.

Sugiyono.2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Utami, SW. 2019. Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisipinan Siswa. Jurnal Pendidikan, 4 (1), 63-66