Pengaruh Metode Pembelajaran On line dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Siswa di Masa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Muhammad Siddiq

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui  pengaruh metode pembelajaran on line terhadap prestasi akademik mata pelajaran IPA siswa SMPN 2 Sedayu.  2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi akademik mata pelajaran IPA siswa SMPN 2 Sedayu.. Jenis penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah adalah siswa VIII di SMPN 2 Sedayu. Siswa yang terlibat dalam kegiatan penelitian ini sebanyak 29 siswa VIII di SMPN 2 Sedayu. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis  regresi berganda. Hasil penelitian ini,  1) ada pengaruh langsung dan positif Metode pembelajaran on line terhadap prestasi siswa mapel IPA siswa VIII di SMPN 2 Sedayu, 2) ada pengaruh langsung dan positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar prestasi siswa mapel IPA siswa VIII di SMPN 2 Sedayu.

Article Details

Section
Artikel

References

A.M, Sardiman (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo

Arifin Zainal. (2011). Penelitian Pendidikan : Metoda dan Paradigma Baru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Aurora, Aviva, and Hansi Effendi. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Di Universitas Negeri Padang. Jurnal Teknik Elektro Vokasional 5(2): 11–16. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev/index.

Dabbagh, N. (2012). Learner Characteristics and Online Learning. SpringerReference, 7, 217–226. https://doi.org/10.1007/springerreference_302098

Darnita, I.K, A.A.I.N. Marhaeni , & Made Candiasa. (2014). Pengaruh penggunaan bahan ajar online terhadap prestasi belajar Tikom dengan kovariabel aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Dwijendra Gianyar. Journal program pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha . Program Studi Pendidikan Dasar , vol. 4 Tahun 2014.

Danaswari, C., & Gafur, A. (2018). Multimedia Pembelajaran Berbasis Web pada Mata iiPelajaran Akuntansi SMA untuk Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar. Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 204–218.

Irmayanti, S., & Nugroho, M. A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Web Blog untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Pendidikan Akuntansi Indonesia, XIV(1), 45–54. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11366

Maya Rahmatia, Monawati, Said Darnius. (2019). Pengaruh Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sdn 20 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. FKIP Unsyiah, Volume 2 Nomor 1, 212-227.

Noor, K. B. N., & Aisyah, M. N. (2018). Development of Interactive Learning Media Based on Computer to Improve Student Learning Motivation. Pendidikan Akuntansi Indonesia, XVI(2), 70–81. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpai.v16i2.22054

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Slameto. (2010b). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Tulus, Tu’u. 2014. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta : Rineka Cipta.

Yazdi, M. 2012. E-Leraning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Foristek. Sulawesi Tengah: Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tadulako.