Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMPN-1 Puring Kebumen Saat Pandemi Covid-19

Main Article Content

Sri Marytaun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : Untuk mengetahui apakah ada pengaruh kompetensi sosial guru  terhadap motivasi belajar siswa SMPN 1 Puring Kebumen. Jenis penelitian dengan metode kuantitatif yaitu penelitian yang menggunakan data, bentuk penelitian ini adalah penelitian Expostfact. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Puring Kebumen sebanyak 50 siswa. Teknik pengolahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas kemudian untuk uji asumsi menggunakan uji normalitas dan linieritas dengan bantuan Aplikasi SPSS Statistic 18. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa analisis regresi sederhana. Selanjutnya data yang telah didapat akan ditarik kesimpulannya. Hasil penelitian ini ada pengaruh kompetensi sosial guru terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa R Square sebesar 0,760. Nilai mengandung arti bahwa pengaruh kompetensi sosial guru (x) terhadap motivasi belajar siswa (y) sebesar 76% sedangkan 34% motivasi belajar siswa dipengaruhi variable lain yang tidak diteliti bisa jadi dari kompetensi pedagogic, professional, kepribadian guru atau variable lainnya.

Article Details

Section
Artikel