Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMK Maarif 2 Gombong

Main Article Content

Muhamad Saludin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran daring melalui google classroom dan whatsapp pada masa pandemi covid-19 terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas XI SMK Ma’arif 2 Gombong tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah adalah siswa kelas XI SMK Ma'arif 2 Gombong yang berjumlah 50 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Sebelum dilakukan uji hipotesis, maka dilakukan beberapa uji asumsi, yang terdiri dari uji normalitas, dan uji linieritas. Kemudian baru di lakukan uji regresi sederhana. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa metode pembelajaran daring memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas XI SMK Ma’arif 2 Gombong tahun pelajaran 2020/2021.

Article Details

Section
Artikel