Kepemimpinan pendidikan sekolah dalam strategi manajemen saluran penanganan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kemandirian dan tanggung jawab siswa SMA N 1 TEMON
Main Article Content
Abstract
Pembentukan kemampuan kepemimpinan sekolah di SMA N 1 Temon sangat dipengaruhi oleh proses belajar yang ditempuh. Oleh karenanya, agar memiliki kemampuan sesuai yang diharapkan, maka proses belajar harus dikelola dengan baik. Proses belajar akan terbentuk berdasarkan pandangan dan pemahaman dosen tentang pengertian dan hakikat belajar serta hakikat belajar-mengajar. Disamping itu, dosen harus dapat menanamkan konsep dan teori yang berhubungan dengan tanggung jawab dan harus membekali siswa dengan nilai-nilai karakter sehingga kelak akan tercipta siswa yang unggul dalam pengetahuan serta memiliki nilai-nilai karakter. Tujuan penelitian ini, mampu meningkatkan kepemimpinan dan manajement bimbingan untuk meningkatkan kemandirian sesuai tujuan pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, metode eksperimen. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.