Strategi Kebijakan Kepemimpinan Sekolah dalam Meningkatkan Inovasi Mutu Pendidikan Berbasis Edmodo di SMK TKM Pertambangan Kebumen di Masa Pandemi Covid-19
Main Article Content
Abstract
Abstrak: Pembelajaran pada masa pandemi covid-19 berubah dari tatap muka menjadi online, sehingga sekolah harus membuat strategi kebijakan dalam kepemimpinan sekolah agar dapat disesuaikan dengan kondisi tak menentu ini. Penelitian ini bertujuan untuk menggali peran kepemimpinan kepala sekolah dalam menjamin kualitas pendidikan selama pandemi COVID-19 di SMK TKM Petambangan Kebumen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan selama covid-19 memiliki indikator temuan memiliki cara, menjadi manajer, dan mampu memprioritaskan guru dan tenaga kependidikan dengan pengembangan SDM. Kepala sekolah dengan daya upayanya untuk memajukan mutu pendidikan dengan membuat strategi dalam kegiatan pembelajaran secara daring. Para tenaga pendidik diberikan pelatihan-pelatihan maupun workshop untuk memperoleh metode pembelajaran daring yang sesuai dengan peserta didiknya. Dalam meningkatkan mutu pendidikan pada masa pandemi covid-19, kepala sekolah menerapkan tiga proses dalam strategi manajemennya yaitu: 1) perencanaan strategi, 2) implementasi strategi dan 3) evaluasi strategi