Pendidikan Karakter Sebagai Inovasi Pembelajaran pada Masa Pandemi di SD Se Kecamatan Borobudur
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran di masa pandemi merupakan sebuah tantangan bagi guru sebagai seorang pendidik, sehingga seorang pendidik harus melakukan inovasi pada pembelajaran selama masa pandemi. Dan pendidikan karakter tidak boleh terlepas dalam kegiatan pembelajaran di masa pandemi ini, karena merupakan bagian dari pendidikan khususnya pada pendidikan sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan karakter sebagai inovasi pembelajaran yang di lakukan guru dan siswa di SD se Kecamatan Borobudur selama masa pandemi. Metode penelitan yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya pendidikan karakter sebagai inovasi pembelajaran di SD se Kecamatan Borobudur, mampu memberikan dampak positif pada siswa melalui pendidikan pembiasaan yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari- hari sehingga mampu membuat siswa melakukan banyak hal positif dalam kegiatan mereka di rumah selama masa pandemi.
Article Details
References
Akhwani. 2021. Pendidikan Karakter Masa Pandemi Covid-19 SD. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/31381 Vol. 5, No. 1 (2021) 1-12
Arifudin, I. S. (2015). Peranan Guru Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Di Kelas V Sdn 1 Siluman. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 175–186.
Damayamti, D., Masitoh, A. 2020. Strategi Koping Siswa dalam Menghadapu Stres Akademik di Era Pandemi Covid-19. Journal of Multidisciplinary Studies. Vol. 4 No. 2, July - December 2020.
Dewantara, K. H. (2004). Bagian Pertama: Pendidikan. Majlis Luhur Persatuan Taman Siswa.
Kaimudin. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Jurnal Dinamika Ilmu Vol.14. No 1, Juni 2014.
Kesuma, D. (2012). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Remaja Rosdakarya.
Khasanah, D. R., Pramudibyanto, H., Widuroyekti, B. 2020. Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/44/6
Jurnal Sinestesia, Vol.10 No. 1, April 2020.
Moleong, L. J. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Ramdhani, A.M. 2014. Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/69/70 Vol. 08; No. 01; 2014; 28-37
Saefudin, Udin. (2008). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.
Sudrajat, A. 2011. Mengapa Pendidikan Karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1316/1094
Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Undang-undang 20. (2003). Sistem Pendidikan Nasional.
Woro, S., Marzuki. 2016. Peran Kegiatan Esktrakurikuler Pramuka dalam Pembentukan Karakter Tanggungjawab Peserta Didik di SMP Negeri 2 Windusari Magelang, https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/10733