Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Senam (Pemanasan) di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Media Audio pada SMK N I Sedayu

Main Article Content

ari wina

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk mengetahui hasil belajar senam pemanasan kelas XI TKJ B SMKN 1 Sedayu Bantul. Pelaksanaannya pada bulan April–Juli tahun 2021. PTK  dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus melalui tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Mekanisme pengumpulan data dengan lembar pengamatan saat pembelajaran senam pemanasan. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif, diskriptif kualitatif dan uji t (T-test). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKJ SMK N I Sedayu Bantul  dalam pembelajaran pendidikan jasmani khususnya senam pemanasan dengan menggunakan media audio video dapat disimpulkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan, terbukti dari hasil analisis uji t diperoleh nilai signifikansinya kurang dari 0,05 dan nilai rata-rata hasil belajar pada prasiklus diperoleh 68,8, pada siklus 1 meningkat dengan perolehan 70,7 dan pada siklus 2 diperoleh 72,4.

Article Details

Section
Artikel

References

Afrida, A., Harizon, H., Bakar, A., & Sanova, A. (2018). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme dan Kreativitas Guru-Guru SMA Muaro Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.22437/jkam.v2i1.5426

Ihsan, M. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Pada Siswa SMK Negeri 1 Sinjai. Jurnal Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.36232/pendidikan.v6i2.156

Karim, A., Suhendri, H., & Nurrahmah, A. (2021). PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH SMA PERJUANGAN DEPOK. Jurnal Terapan Abdimas, 6(1), 63. https://doi.org/10.25273/jta.v6i1.7570

Kusnaeni, A., Wied, W., & Edhy Rahayu, Y. S. (2020). HUBUNGAN KARAKTERISTIK REMAJA DENGAN PREDIKTOR PERILAKU SEKS BEBAS DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK). Tens : Trends of Nursing Science, 1(1). https://doi.org/10.36760/tens.v1i1.101

Novrianti, E., & Yusaini, Y. (2019). PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DI SMA N 3 LANGSA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 2(2). https://doi.org/10.32505/qalasadi.v2i2.800

Nur, S. S., & Noviardila, I. (2021). Kajian Literatur Pengaruh Model Learning Cycle terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu. Journal of Education Research, 2(1). https://doi.org/10.37985/jer.v2i1.38

Puteri, W. A., Maharani, D. A., & Wulandari, A. (2020). PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 PADA SD N 1 SERAYU LARANGAN. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1). https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3146

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1). https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168

Sudrajat, A. (2011). MENGAPA PENDIDIKAN KARAKTER? | Sudrajat | Jurnal Pendidikan Karakter. Journal Pendidikan Karakter, 12. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1316

Yusridawati, Y. (2020). UPAYA PENINGKATAN BELAJAR TEKS PROSEDUR MELALUI METODE DEMONSTRASI. E- Jurnal Mitra Pendidikan, 4(10). https://doi.org/10.52160/e-jmp.v4i10.780