MODEL PENDIDIKAN KARAKTER INOVASI UNTUK MEMBANGUN PERADABAN BANGSA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)DIKABUPATEN MAGELANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembuatan rumusan model pendidikan karakter Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Magelang dengan menggunakan norma dan kearifan lokal Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di N 2, SMK Bumantara Muntilan , dan SMK Nurul Iman. Mekanisme yang digunakan untuk mencapai terciptanya formula pendidikan karakter adalah: (1) Melakukan penelitian kepustakaan, (2) Melakukan wawancara, (3) merumuskan model pendidikan karakter. Rumusan karakter pendidikan vokasi yang diciptakan dengan pendekatan norma dan kearifan lokal Magelang. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah daftar pertanyaan wawancara. Wawancara dilakukan untuk memperoleh informasi tentang kondisi karakter/kepribadian siswa SMK, upaya sekolah dalam meningkatkan karakter siswa SMK, pendapat tentang tujuan, isi, metode, alat dan model lingkungan desain pendidikan karakter. Rumusan model pendidikan karakter terdiri dari tujuan, isi, metode, lingkungan, alat, pendidik, dan peserta didik dalam pendidikan karakter. Tujuan Pendidikan Karakter sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Isi pendidikan karakter adalah nilai-nilai yang ada di lingkungan sekolah, dan keterampilan yang diberikan oleh pendidik dalam rangka pembentukan karakter yang baik pada peserta didik. Metode pendidikan karakter terdiri dari pelaksanaan pendidikan karakter dan pemeliharaan akhlak mulia yang telah tertanam dalam diri siswa. Lingkungan pendidikan karakter terdiri dari lingkungan keluarga, sekolah, dan organisasi pemuda. Perangkat pendidikan karakter terdiri dari perangkat pendidikan yang berupa tindakan seperti pujian, teguran, dan perangkat pendidikan yang bersifat materi seperti modul pendidikan karakter. Pendidik pada pendidikan karakter guru, staf sekolah, dan orang tua. Siswa dalam pendidikan karakter adalah seluruh siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
Article Details
References
Alicia Komputer. 2008. Teori Pembentukan Karakter. Diambil dari URL: http://koleksi‐ skripsi.blogspot.com/2008/07/teori‐pembentukan‐karakter.html. Diakses pada tanggal: 26 Mei 2010.
AsianBrain.com Content Team. Kenakalan Remaja. Diambil dari URL: http://www.anneahira.com/narkoba/index.html. Diakses pada tanggal: 26 Mei 2010.
BSNP. 2006. Contoh/ Model kurikulum tingkat satuan pendidikan dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) SMA/ SMK. Jakarta: BP Cipta Jaya.
Depdiknas. 2005. Undang‐undang republik indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Malang Post. 2010. Empat Remaja Bobol SMK PGRI. Didapat dari URL: http://malang‐ post.com/index.php. Diakses pada tanggal: 7 Juni 2010.
Latifah, Melly. 2008. Karakteristik Remaja. Diambil dari URL: http://tumbuhkembanganak.edublogs.org. Diakses pada tanggal : 26 Mei 2010.
Siswoyo, Dwi. 2007. Ilmu pendidikan. magelang: UNY Press.
Suara Remaja. Seks Bebas di Kalangan Remaja SMA. Didapat dari URL : http://remaja.suaramerdeka.com/2010/05/20/seks‐bebas‐di‐kalangan‐remaja‐sma/. Diakses pada : 7 Juni 2010.
Wikipedia. (2010). Sekolah Menengah Kejuruan. Didapat dari URL: http://id.wikipedia.org/wiki/Sekolah_menengah_kejuruan. Diakses pada tanggal 24 April 2010.