Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Siswa Menurut Perspektif Ajaran Ki Hajar Dewantara dalam Menghadapi Era Revolusi 4.0 Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus MTS N 6 Kulonprogo)

Main Article Content

Rahman Prasetyo

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu : 1) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan PPK siswa menurut perspektif ajaran Ki Hajar Dewantara, 2) untuk mengetahui pelaksanaan PPK siswa menurut perspektif ajaran Ki Hajar Dewantara sebelum adanya Covid-19, 3) untuk mengetahui pelaksanaan PPK siswa menurut perspektif ajaran Ki Hajar Dewantara dalam sistem daring. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu melibatkan kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, data display, dan verification. Hasil penelitian ini yaitu : 1) faktor pendukung peguatan pendidikan karakter yaitu guru membimbing siswa dengan penuh kesabaran, dan kasing sayang, kemampuan untuk menggunakan gadget, peran tri pusat pendidikan yang mendukung, guru memberikan pembelajaran yang menarik, dan siswa memiliki kemauan untuk belajar lebih baik. Faktor penghambat PPK yaitu guru tidak bisa memantau aktivitas siswa secara langsung sehingga PPK belum bisa dilaksanakan secara maksimal., 2) pelaksanaan PPK sebelum adanya covid-19 yaitu guru mengajak siswa untuk tadarus Al-Qur’an setiap pagi, berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, mengajak sholat berjamaah dan menerapakan sikap sopan santun terhadap orang lain, 3) PPK di masa pandemi covid-19 saat ini kurang maksimal diterapkan karena guru sulit untuk memantau aktifitas siswa secara langsung.

Article Details

Section
Artikel

References

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.

Andayani, A. S., Subekti, H., & Sari, D. A. P. (2021). RELEVANSI KONSEP NITENI, NIROKKE, NAMBAHI DARI AJARAN KI HAJAR DEWANTARA DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN SAINS. PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS, 9(1), 1–6.

Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 65–70. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp

Az-Zahroh, S. F., At Thaariq, Z. Z., Surahman, E., Widyasari, C. M., Qolbi, M. S., & Risma Chulashotud, R. C. (2019). Developing Ethic Game (Ethnomathematics Game): The Instructional Media of Culture Mathematics with Tringo by Ki Hadjar Dewantara. JPP (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran), 26(2), 43–50. https://doi.org/10.17977/um047v26i22019p043

Bania, A. S., Nuraini, N., & Ulfa, M. (2020). Character and Student Ability of Covid-19 Understanding in Digital Era in 2020. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(3), 2233–2240. https://doi.org/10.33258/birci.v3i3.1156

Damarullah, M., Fahrurrozi, M., & Subhani, A. (2021). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR LOMBOK TIMUR. GENTA MULIA, XII(1), 218–229.

Dari, U., & Hudaidah. (2021). IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER KI HADJAR DEWANTARA BAGI MAHASISWA GENERASI Z. PENSA, 3(1), 76–86. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/pensa.v3i1.1153

Desrina, & Mesni. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter & Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan PPs, 2(1), 261–269.

Fajri, M., Afifuddin, & , A. Z. (2020). PROGRAM SOSIALISASI PERIZINAN TAMBANG GALIAN C TERHADAP PERTAMBANGAN ( Studi Bagian Administrasi Sumber Daya Alam , Kabupaten Malang ) Jurusan Administrasi Negara , Fakultas Ilmu Admiministrasi , Universitas Islam Malang , Jl . MT Haryono 193 Malang , 651. Jurnal Respon Publik, 14(4), 48–51.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, 1–10. http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/

Kusumastita, I. I. (2020). IMPLEMENTASI TRILOGI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA UNTUK TENAGA PENDIDIK DI INDONESIA. Reforma: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2), 104–113.

Macaryus, S., Wicaksono, Y. P., Sudirman, A., & Al Masjid, A. (2020). Humaniora Dan Era Disrupsi. Humaniora Dan Era Disrupsi Teknologi Dalam Konteks Historis, 1(1), 19–30.

Mudana, I. G. A. M. G. (2019). Membangun Karakter Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 75–81. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21285

Nastiti, F. E., & ’abdu, A. R. N. (2020). Edcomtech. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5, 61–66.

Nugroho, S. S., Anam, M. C., Pudjiono, M. J., Rahardjo, M., & Sukarjono, B. (2020). Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hajar Dewantara Berbasis Nilai-Nilai Pancasila Bagi Mahasiswa Generasi Mileneal. YUSTISIA MERDEKA : Jurnal Ilmiah Hukum, 6(2), 89–94. https://doi.org/10.33319/yume.v6i2.61

Nyoman, N., Handayani, L., Ketut, N., Muliastrini, E., & Suardipa, I. P. (2021). e- Governance Perguruan Tinggi Dalam Era Digitalisasi. 3, 67–78.

Sholikhati, N. I., & Rufaidah, D. (2020). Nilai Religius dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kurikulum 2013. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, Dan Budaya, 10(1), 58–68. https://doi.org/10.26714/lensa.10.1.2020.58-68

Suhaeti, E. (2021). PENGINTEGRASIAN TRI PUSAT PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK DI SD NEGERI SUKAJAYA BLANAKAN. Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang, 04(01), 119–127.

Suyitno. (2020). Analisis Data dalam Rancangan Penelitian Kualitatif. Akademika, 18(1), 49–57.

Sya’baniah, A. H., & Kuswanto. (2020). HUMANISASI PENDIDIKAN SEBAGAI AKTUALISASI KONSEP KI HAJAR DEWANTARA TERHADAP PAUD. Jurnal Audi : Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PUD, V(1), 57–63.

Thaariq, Z. Z. A., & Wedi, A. (2020). Model Adaptive Blended Curriculum (ABC) sebagai Inovasi Kurikulum dalam Upaya Mendukung Pemerataan Pendidikan. Jurnal Kiprah, 8(2), 91–104. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i2.2002

Zaini, A. (2021). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM INTEGRATIF DALAM IDEOLOGI LIBERALISME. Akademia, 15(1), 23–36.

Zaluchu, S. E. (2020). Di Dalam Penelitian Agama. Jurnal, 4, 28–38.