Inovasi Pengembangan Media Pembelajaran dan Assesmen pada masa pandemic di SMP Negeri 4 Panggang Kabupaten Gunungkidul

Main Article Content

Sutikna Tikna spd

Abstract

Abstrak : Proses pendidikan secara filsafati merupakan semua hal yang berkaitan dengan usaha manusia untuk mengerti dan memahami hakikat sebuah pendidikan. Filsafat pendidikan erat hubungannya dengan proses pelaksanaan pendidikan yang baik dan tujuan pendidikan dapat tercapai seperti yang dicita-citakan.  Pandemi COVID-19 merupakan musibah yang memilukan bagi seluruh penduduk yang berada di bumi yang menyebabkan seluruh segmen kehidupan manusia di bumi terganggu, tanpa terkecuali pendidikan. Pemerintah dihadapkan pada dua pilihan yang sangat berat antara menjaga stabilitas ekonomi tanpa mempedulikan keganasan dari COVID-19 atau membuat batasan-batasan yang dapat mencegah penyebaran covid 19. Pemerintah Indonesia akhirnya memutuskan untuk melakukan  Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dimana hal tersebut akan membatasi kegiatan dan mengurangi sosialisasi dengan orang lain dalam bidang keagamaan, ekonomi, bahkan  pendidikan. Beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran, sangat dipengaruhi oleh  kreativitas guru dalam menggunakan model, metode, dan media pembelajaran yang menarik untuk menumbuhkan minat belajar siswa. Pemilihan dan penggunaan model, metode, dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran dapat mengoptimalkan proses pembelajaran serta pencapaian tujuan pembelajaran. Guru dituntut mengembangkan kreativitasnya dalam melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang digunakan. Di SMP Negeri 4 Panggang  guru dilatih melalui workshop pengembangan media pembelajaran dan assesmen berbasis elektronik yang diberi nama e learning  dengan menggunakan google sites.  Inovasi pengembangan media pembelajaran dan assesmen ini bertujuan pada aktivitas modernisasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi yang diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran secara produktif, efektif, interaktif, inspiratif, konstruktif, dan suasana yang menyenangkan.


 

Article Details

Section
Artikel

References

DAFTAR PUSTAKA

Belawati, Tian dkk.(2003). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta : Pusat Penerbitan UT. Creswell, John W. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset Memilih di Antara Lima Pendekatan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Idris, Irfan. Dkk.(2017). Modul Pelatihan Dasar Calon PNS Analisis Isu Kontemporer. Jakarta : Lembaga Administrasi Negara.

Bahri, BAngkit Irmanudin. (2017). Refleksi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kesustraan JAwa sebagai Pengembang Pendidikan Karakter Pembelajaran Bahasa Indonesia (makalah). Malang: Seminar Nitisastra II Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Kunandar.(2013). Penilaian Autentik: Penilan Hasil Belajar Pesererta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013 . Jakarta: PT Grafindo Persada.

Sungkono, dkk. (2003). Pengembangan Bahan Ajar .Yogyakarta: FIP UNY.

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang SistemPendidikan Nasional

Budiyono. 2003. Metodologi penelitian pendidikan. Solo: UNS Press.

Klimoski, R., & Palmer, S. (1993). The ADA and the hiring process in organizations. Consulting psychology journal: Practice and research, 45, 10-36.

Ade Nasihudin Al Ansori. (2020). Belajar di Rumah Akibat Corona COVID-19,

Ini Pendapat dan Harapan Anak Indonesia.Liputan6.https://m.liputan6.com/health/read/4224969/belajar -di-rumah-akibat-corona-covid-19-ini-pendapat-dan-harapan-anak-indonesia

Dewi, Wahyu Aji Fatma. (2020).Dampak Covid-19Terhadap Implementasi Pembelajaran

Daring DiSekolah Dasar . Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 1 April 2020 Halm 55-61 Research &Learning in Education https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Hilna Putria, Luthfi Hamdani Maula, Din AzwarUswatun. (2020).

Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa PandemiCOVID-19 pada Guru Sekolah Dasar . Jurnal Basicedu Volume 4 Nomor 4 Tahun 2020 Halm.861 – 872 Research & Learning Elementary Education https://jbasic.org/index.php/basicedu/index

Hero, Hermus & Sni.M.S. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar

Siswa KelasV Disekolah Dasar Inpres Iligetan . Jurnal Pendidikan Dasar 01 (2) Fakultas Keguruan IlmuPendidikan Universitas Nusa Nipa, Indonesia.

Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Vol 7, No 1

Pemerintah Pusat . (2020). Surat edaran mendikbud no4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan

pendidikan dalam masa darurat Covid-19 KEMENDIKBUD:https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat penyebaran corona-virus-disease-covid-1-9

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Budi Santoso,P., Mayesti Wijayanti, L., Chi Hyun, C., &

Setyowati Putri, R. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID 19 Terhadap ProsesPembelajaran Online di Sekolah Dasar .Universitas Muhammadiyah Enrekang.EduPsyCouns (Journal of Education, Psychologyand COunseling), 2(1), 1 – 12.

Ratna, Ningrum W. (2018). Pengaruh peranan dan pola asuh orang tua terhadap

hasil belajar siswasekolah dasar negeri (SDN) di kecamatan Bogor Barat . Jurnal pendidikan,17(2), 129-137)

Rizqon Halal Syah Aji. (2020). Dampak Covid-19 padaPendidikan di Indonesia: Sekolah,

Keterampilan,dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Vol. 7 No. 5 (2020), pp. 395-402, DOI:10.15408/sjsbs.v7i5.15314