The Digital Application Best Academic Supervision untuk Menjaga Kualitas Pembelajaran Guru SD Monggang Tahun Pelajaran 2020/2021
Main Article Content
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) untuk mengetahui dengan digital application best academic Supervision dapat menjaga kualitas pembelajaran guru SD Monggang tahun pelajaran 2020/ 2021. (2) untuk mengetahui apakah dengan digital application best academic dapat dilaksanakan dengan optimal, (3) untuk mengetahui faktor yang menghambat kegiatan supervisi akademik kepala sekolah di SD Monggang tahun pelajaran 2020/ 2021. (4) untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan untuk mengatasi faktor yang menghambat kegiatan supervisi akademik kepala sekolah di SD Monggang tahun pelajaran 2020/ 2021. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu dengan membuat deskripsi, gambaran, atau lukisan yang sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dengan digital application best academic Supervision ternyata guru dan siswa merasakan kegiatan pembelajaran lebih praktis , efektif dan efisien (2) Dengan digital application best academic Supervision ternyata kualitas kegiatan pembelajaran lebih terjaga dan meningkat. (3) Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam kegiatan supervisi akademik yaitu kompleksitas tugas manajerial kepala sekolah sehingga tidak bisa dilaksanakan secara optimal, kemampuan guru menggunakan IT masih kurang. (4) Usaha untuk mengatasi kendala adalah dengan dilakukan koordinasi dengan guru senior, pemberian motivasi kepada guru mengenai pentingnya supervisi akademik, mengikutkan guru workshop menggunakan IT untuk pembelajaran.
Kata kunci: supervisi, supervisi akademik, kepala sekolah
Article Details
References
DAFTAR PUSTAKA
Yuliana. 2020, Y., Arafat, Y., & Mulyadi, M. 2020. Pengaruh supervisi kepala sekolah dan disiplin kerja terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2). https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.620
Ghifar.2019, R., Yusuf, A. E., Sumardi, S., & Wulandari, F. 2019. Peningkatan kreativitas guru melalui pengembangan supervisi kepala sekolah dan iklim organisasi. Jurnal manajemen, 7(2). https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1328
Pujianto.2020, P., Arafat, Y., & Setiawan, A. A.2020. Pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri air salek. Journal of Education Research,1(2). https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.8
Budiyanti.2021, N., Aziz, A. A., Sunandar, D., & Erihadiana, M. 2021. Supervisi kepala sekolah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik spiritual pendidik. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(01). https://doi.org/10.30868/im.v4i01.827
Hapizoh.2020, H., Harapan, E., & Destiniar, D.2020. Pengaruh profesionalisme guru dan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2). https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3764
Ariyanti, Y. 2020. Keterampilan manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. AKSES: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 14(1). https://doi.org/10.31942/akses.v14i1.3265
Meidiana, M., Ahmad, S., & Destiniar, D.2020. Pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah dan supervisi akademik terhadap kinerja guru. JMKSP: Jurnal manajemen, kepemimpinan, dan supervisi pendidikan), 5(2). https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3754
Damayanti, D. 2017). Kemampuan manajerial kepala sekolah, iklim sekolah dan mutu sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 24(1). https://doi.org/10.17509/jap.v24i1.6525
Nursilawana, N.2018. Peningkatan kemampuan guru dalam mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berkarakter melalui supervisi akademik dengan pola pendampingan. Journal of Elementary School (JOES), 1(2). https://doi.org/10.31539/joes.v1i2.475
Dalanggo, H.2019. Strategi perencanaan supervisi akademik kepala madrasah. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya, 5(4). https://doi.org/10.32884/ideas.v5i4.226
Waluya, T.2018. Implementasi manajemen supervisi kepala sekolah dalam mendukung kinerja guru pada pembelajaran. Media Manajemen Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.30738/mmp.v1i2.3259