HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI DALAM PEMBELAJARAN DARING SISA KELAS IX SMP N 3 SEWON BANTUL

Main Article Content

asih yuliati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dengan motivasi berprestasi siswa kelas IX SMP N 3 Sewon Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian korelasi. Populasi  dalam  penelitian  ini berjumlah 128 siswa. Sampel berjumlah 97 siswa dilakukan dengan teknik proportional random sampling. Data diambil melalui skala kemandirian belajar dan motivasi berprestasi. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas menggunakan rumus correlation product moment. Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Analisis data terdiri atas tiga tahap, yaitu tahap deskripsi data, tahap uji prasyarat analisis, dan tahap pengujian hipotesis. Tahap uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Uji hipotesis menggunakan teknik correlation product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan motivasi berprestasi siswa kelas IX SMP N 3 Sewon Bantul. Hal tersebut ditunjukkan dengan harga r hitung sebesar 0,996 lebih besar daripada r tabel dengan N= 97 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,199, sehingga r hitung > r tabel (0,996 > 0,199). Hal ini mengandung makna bahwa semakin tinggi kemandirian belajar maka semakin tinggi motivasi berprestasi siswa, sebaliknya semakin rendah kemandirian belajar maka semakin rendah motivasi berprestasi siswa.

Article Details

Section
Artikel

References

Amaral, Eulalia Marcia De Lima. “Hubungan Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 02 Ungaran” Artikel Universitas Ngudi Waluyo, Mar. 2019.

Ansel, Maria Finsensia. “Hubungan Motivasi Berprestasi Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik SDN Ende 5 Kabupaten Ende”. Jurnal Cakrawala Pendas, vol. 6, no. 1, 2020, pp. 75–83., doi:10.31949/jcp.v6i1.1859.

Atmojo, SetyoEko. “Motivasi Berprestasi Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Saat Pembelajaran Daring” Jurnal Pendidikan, 25 Jan. 2021, repository.upy.ac.id/id/eprint/2718.

Azwar, S. 2012. Reliabilitas Dan ValiditasEdisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. 2013. Metode Penelitian. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Batubara, Salohot, and RentiRahmawatiNugroho. “Hubungan Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas IX MTSN 28 Jakarta pada Masa Pandemi”. Guidance:JurnalBimbingan Dan Konseling, vol. 18, no. 1, June 2021, pp. 8–16., uia.e-journal.id/guidance.

Chairani, M. “Pengaruh Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Implikasinya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa”. Jurnal Sains Ekonomi Dan Edukasi, I, 2017, pp. 31–40.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik: Panduan Bagi Orang Tua Dan Guru Dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP Dan SMA. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fauziah, Nurul, et al. “Hubungan Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar Siswa SMPN 6 Garut”. Fokus, vol. 04, no. 1, Jan. 2021.

Fitriani, Windi, et al. “Motivasi Berprestasi Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Saat Pembelajaran Daring”. JurnalPendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, vol. 05, no. 6, June 2020, pp. 828–834., journal.um.ac.id/index.php/jptpp/.

Harahap, HasmiSyahputra, et al. “Hubungan Motivasi Berprestasi, Minat Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Kemandirian Siswa”. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 03, no. 4, 2021, pp. 1133–1143.,doi:https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.463.

Hidayat, DedeRahmat, et al. “Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19.” Perspektif Ilmu Pendidikan, vol. 34, no. 2, 27 Oct. 2020, pp. 147–154., doi:10.21009/pip.342.9.

Hurlock, E. B. 2009. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Kerlinger, Fred N. 2000. Asas-Asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta: Gadjah Mada Univesity Press.

Mc. Celland, D. C. 1987. Memacu Masyarakat Berprestasi: Mempercepat Laju Pertumbuhan Ekonomi Melalui Peningkatan Motif Berprestasi. Jakarta: Intermedia.

Mudjiman, H. 2011. “Belajar Mandiri (Pembekalan Dan Penerapan)”. UNS Press.

Putri, Kadek Ayu Ratih Dharma, and I Made Rustika. “Peran Kemandirian Dan Efikasi Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas Unggulan Sma Dwijendra Denpasar.” Jurnal Psikologi Udayana, vol. 5, no. 01, 2018, pp. 12–22., doi:10.24843/jpu.2018.v05.i01.p02.

Salmah, Arni, et al. “Hubungan Kemandirian Belajar Dan Motivasi Berprestasi Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI SMAN 01 Belimbing.” JURKAMI, vol. 05, no. 1, 2020.

Steinberg, L. 2004. Adolescence. New York, Mc. Graw-Hill.

Sufatihah, Ika. “Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa.” JKPM (JurnalKajianPendidikanMatematika), vol. 3, no. 2, 5 May 2018, doi:10.30998/jkpm.v3i2.2770.

Thoha, Chabib. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Pustaka Pelajar.

Williamson, S., “Development of a Self-Rating Scale of Self-Directed Learning.” Nurse Researcher, vol. 14, no. 2, 2007, pp. 66–83., doi:10.7748/nr2007.01.14.2.66.c6022.

Zainudin, M. 2011. Metodologi Penelitian Kefarmasian Dan Kesehatan. Surabaya: Pusat Penerbitan Dan Percetakan Universitas Airlangga.