IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR DI ERA NEW NORMAL SECARA DARING DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI SMK MA’ARIF 2 GOMBONG

Main Article Content

sugeng widodo

Abstract

Abstrak: Makalah ini bertujuan untuk memberi alternatif solusi yang berkaitan dengan merdeka belajar di era new normal secara daring dengan pembelajaran BERBASIS PROYEK.  Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana implementasi merdeka belajar di era new  normal dengan pembelajaran berbasis proyek di SMK Ma’arif 2 Gombong. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dimana data diperoleh secara primer dan sekunder. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, guru sejumlah 17 orang dan siswa sebanyak 49 anak.  Pengumpulan data  melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) pembelajaran selama masa pandemi secara daring di SMK Ma’arif 2 Gombong secara umum berjalan dengan baik meskipun terdapat beberapa kendala yang umum dialami oleh sekolah-sekolah pada umumnya,( 2) Konsep Merdeka Belajar di SMK Ma’arif 2 Gombong dapat terlaksana dengan beralihnya pembelajaran yang menekankan aspek kognitif ke pembelajaran yang menekankan pencapaian aspek ketrampilan hidup dengan digunakannya metode pembelajaran Project Based Learning, (3) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode Project Based Learning di SMK Ma’arif 2 Gombong menjadi metode yang baru untuk mengatasi permasalahan atau kendala selama pembelajaran secara daring meskipun belum semua guru beralih ke metode ini karena beberapa faktor.


 


Kata kunci: merdeka belajar, new normal, Pembelajaran Berbasis Proyek


 


Abstract: This paper aims to provide alternative solutions related to independent learning in the new normal era online with PROJECT BASED learning. This study aims to find out about how to implement independent learning in the new normal era with project-based learning at SMK Ma'arif 2 Gombong. This research is a type of qualitative research where the data is obtained primary and secondary. The subjects of this study were the principal, deputy head of the curriculum, 17 teachers and 49 students. Collecting data through interviews and observations. The results of this study were (1) online learning during the pandemic period at Ma'arif 2 Gombong Vocational School in general went well even though there were several obstacles commonly experienced by schools in general, (2) the concept of Independent Learning at Ma'arif Vocational School. 2 Gombong can be implemented by shifting learning that emphasizes cognitive aspects to learning that emphasizes the achievement of life skills aspects by using Project Based Learning learning methods, (3) Implementation of learning using Project Based Learning methods at SMK Ma'arif 2 Gombong is a new method to overcome problems or obstacles during online learning, although not all teachers have switched to this method due to several factors. Keywords: independent learning, new normal, Project-Based Learning

Article Details

Section
Artikel

References

Arikunto, Suharsimi. 2016. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto dan Rahardjo, M. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media

Fathurrohman, M. (2016). Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.

Kurniawan Arizona et al. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid - 19. Jurnal ilmiah dan profesi pendidikan, Volume 5 Nomor 1, halaman 64 – 70.

Luh Devi Herliandry , Nurhasanah ,Maria Enjelina Suban, Heru Kuswanto.(2020) Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Jurnal Teknologi Pendidikan http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp Vol. 22, No. 1, halaman 65

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Surat Edaran Kemdikbud No 4 Tahun 2020 mengenai Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19). Jakarta: Kemendikbud. Sumber: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-se-tentangpelaksanaan-pendidikan-dalam-masadarurat-covid19.

Muhajir,dkk. (2021). Ebook Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar. Tulungagung: Akademia Pustaka

Prof. Dr. Patuan Raja, M.Pd. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Di Masa Pandemi Covid 19: Peluang Dan Tantangan. Bandar Lampung.FKIP Unila

https://www.jpnn.com/news/prof-zainuddin-usulkan model pembelajaran yang cocok di tengah pandemi covid 19

Tam, Gloria & El-Azar, Diana. 2020. 3 ways the coronavirus pandemic could reshape education. Sumber: https://www.weforum.org/agenda/2020/03/3-ways-coronavirus-is-reshapingeducation-and-what-changes-might-behere-to-stay/