Keefektifan Penggunaan Google Form Untuk Mengumpulkan Tugas Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Martina Rismiyati Tri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan google form untuk mengumpulkan tugas siswa pada masa pandemi Covid-19 pada kelas VI  di SDN Kramat 2 Kota Magelang Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian dilakukan pada bulan April sampai dengan Mei 2021. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen angket keefektifan google form yang diberikan kepada siswa kelas VI dengan menggunakan validasi isi, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keefektifan google form untuk mengumpulkan tugas siswa pada masa pandemi Covid-19 pada kelas VI  SDN Kramat 2 Kota Magelang ditinjau dari kualitas sistem adalah sebesar 83% dengan kriteria efektif, ditinjau dari kualitas informasi adalah sebesar 84% dengan ktiteria efektif, dan ditinjau dari kepuasan pengguna adalah sebesar 85% dengan kriteria sangat efektif. Dari ketiga variabel keefektifan google form tersebut maka diperoleh persentase rata-rata sebesar 84% dengan kriteria efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa google form efektif untuk mengumpulkan tugas siswa pada masa pandemi Covid-19.


 

Article Details

Section
Artikel

References

Adiatman, A. (2011). Efektifitas Penerapan Metode Pemberian Tugas (Resitasi) Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Biologi Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungguminasa. Kab. Gowa (Doctoral Dissertation, Universitas islam Negeri Alauddin Makassar).

Afanin Salma, F. (2020). Efektivitas Metode Takrir Dalam Pembelajaran Tahfidzul Qur'an Kelas Leader di SD Al-Iryad 02 Cilacap (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto)

Andiyansyah, I.(2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif Berbasis Google Form untuk Mengukur Kedisiplinan Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMP Nahdlatul 'Ulama Pakis (Doctorol dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik ibrahim).

Aziz, A. L. (2013). Pengaruh kemudahan penggunaan terhadap kemanfaatan pada sikap pengguna e-learning survei pada mahasiswa jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Angkatan 2011. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2).

Batubar H. H., Islam, U., Mab, K., Adhyaksa, J., & Banjarmasin, N. (n.d.). Di Prodi Pgmi Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari. 8(2).

Endriani, N., & Syukur. Y.(2015). Kesiapan Siswa dalam Menyelesaikan Tugas Sekolah. Konselor, 4(4), 185-190.

Febriadi, B., & Nasution, N. (2017). Sosialisasi Dan Pelatihan Aplikasi Google Form Sebagai Kuisioner Online Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan.

Hartanto, W. (n.d.). Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. 3.

Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasi HOTS. PT Remaja Rosdakarya.

Hermawan, T. (2013). Keetifan Pembelajaran Berbasis Web untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Iqbal, M., Amal, B. K., & Rumapea, M. E. (2018). Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Penggunaan Google Forms Sebagai Media Pemberian Tugas Mata Kuliah Pengantar Ilmu Sosial. 10(1), 120–127.

Irmadhani, I. (2012). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Computer Self Efficacy, Terhadap Penggunaan Online Banking Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 1(3).

Jahron N. N. (2018). Pengembangan Tes Tertulis Pendidikan Agama Islam Berbasis Online Menggunakan Google Form Pada Materi Kewajiban Menuntut Ilmu dan Haji Kelas X SMA Swadhipa Natar (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung)

Kuntarto, E. (2015). Teknik Menyusun Sitasi Otomatis dengan Software Mendeley. repository unja, 1-18. Kuntarto, E., Asyahar, R. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Blanded Learning Pada Aspek Learning Design Dengan Platform Media Sosial Online Sebagai Pendukng Perkuliahan Mahasiswa. Repository Unja.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 53–65.

Kuntarto, E. (2018). Modul Mata Kuliah Kebahasaan Teknik Penyusunan Karya Tuslis Ilmiah Bidang Pendidikan. Jambi : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pedidikan Universitas Jambi

Kurniawan H. (2015). Efektifitas Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi Batik Solo "Inasinul" (skripsi). Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Nugroho, A. S. (2018 ).Pengembangan Ulangan Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Google Form. Jurnal SITECH: Sistem Informasi dan Teknologi, 1(2), 89-94.

Nugroho, S. (2013). Keefektifan penggunaan e-learning berbasis moodle dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi di SMA 5 Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). p-ISSN : 2598-8700 ( Printed ) ANALISA Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19 Jisamar ( Journal of Information System , Applied , Management , Accounting and Researh ) p-ISSN : 2598- 8700 ( Printed ) JISAMAR ( Journal of Information System , Applied , Management , Accounting and Researh ). 4(2), 30–36.

Pane, A., Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Purnanto, T. M. dan A. W. (2017). Google Form Sebagai Alternatif Pembuatan Latihan Soal Evaluasi. 183–188.

Ramadhani, M. (2012). Efeltivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-learning berbasis Web Pada Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalasan. Yoyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Risalah, A., Ibad, W., Maghfiroh, L., Azza, M. I., Cahyani, S. A., & Ulfayati, Z. A. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di MI / SD ( Studi KBM Berbasis Daring Bagi Guru Dan Siswa ). 1(1), 10– 16.

Sabara, E. (2004). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. 122–125.

Salsabil, Z., & Arfa, M. (2020). Efektivitas Website Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Pengguna. Jurnal ilmu perpustakaan, 8 (2), 199-210.

Sianipar, A. Z. (2019). Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kepuasan Pelayanan Mahasiswa. ISSN : 2598-8719 ( Online ) ISSN : 2598- 8700 ( Printed ). 3(1), 16–22.

Siswono, T. Y. E. (2018). Paradigma Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sujana, A., & Mukarromah, H. Z. (2017). Analisis Efektivitas Dan Efisiensi Web Eschool Menggunakan Spss Sebagai Analysis Tool. Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala, 12(1), 49-60..

Syarifah, I. (2010). Pengaruh Pemberian Tugas pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak terhadap Prestasi Beljara Aqidah Akhlak Siswa Kelas VII MTs Assalafiyah Luwungragi Bulakamba Brebes (Doctoral Dissertation, IAIN Walisongo).

Tumanggor, H. R., Purwanto, E., Tumanggor, H. R., Purwanto, E., & Bimbingan, J. (2018). Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman. 4, 11–17.

Wahyuni, N., Akib, H., & Darwis, M. (2017). Keefektifan Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL). Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik 7(1), 1-10.

Winataputra, P. U. S. (N.D.). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. 1–46.

Zunaidi, M., Waluyo, D. E., & Agustini, D. (2011). Analisis Pengaruh Akurasi, Ketepatan Waktu Dan Relevansi Informasi Terhadap Kepuasan Pemakai Sistem Informasi Atemis On Web Di PT. Telkom MSC Area IV Jawa Tengah Dan DIY. Semantik, 1(1).