Market oriented produk untuk meningkatkan kreatifitas Siswa pada mata pelajaran prakarya Kelas IX SMP Negeri 1 Piyungan

Main Article Content

agung riyanto

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengelolaan sampah di SMPN 1 Piyungan yang dijadikan media praktik prakarya (2) peningkatan kreativitas Siswa dengan karya yang berorientasi pasar / market oriented produk menggunakan media bahan bekas untuk Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Piyungan TP. 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan pendekatan kualitatif, penelitian pengembangan merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran yang sudah ada dengan perubahan-perubahan tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan uji validitas data menggunakan trianggulasi. Analisis data penelitian menggunakan model analisis data interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian membuktikan bahwa pembuatan karya kerajinan dari bahan bekas yang berorientasi pasar/market oriented produk dapat meningkatkan kreatifitas Siswa kelas IX SMP Negeri 1 Piyungan Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil karya Siswa yang dipamerkan dan laku ketika pameran pada even tahunan gelar budaya dan pameran potensi Siswa di SMP Negeri 1 piyungan ternyata  memotivasi dan menginspirasi Siswa untuk membuat produk karya kerajinan yang berkualitas dan layak jual. Hal tersebut dapat dilihat dari keragaman bentuk karya kerajinan yang dihasilkan, masing-masing Siswa memunculkan ide-ide baru yang segar dan tidak monoton, diantaranya adalah: karya tempat pensil, lampu tidur dari stik es krim, bonsai plastik, figura limbah kayu


 

Article Details

Section
Artikel

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdurrozak, R. (2016). Pengaruh model pembelajaran based learning terhadap kreatifitas Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 871-880.

Budiasih, K. S. (2010). Pemilahan Sampah sebagai Upaya Pengelolaan Sampah Yang Baik. Makalah program PPM, 12.

Dermawan, L. S. (2018). Kajian Strategi Pengelolaan Sampah. UNM Environmental Journals, 86.

Dr. Wahidmurni, M. P. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. . UIN Maulana Malik Ibrahim, 1-16.

Pratjichno, B. (2010). Pendidikan Seni Sebagai Alternatif Pendidikan Multikultural. Harmonia Journal of Arts Research and Education, 8.

Putri, R. F. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Barang Yang Bernilai Ekonomi. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 150-155.

Roshandi, W. (2016). Meningkatkan aktivitas dan kreatifitas Siswa melalui collaborative learning. Journal of Accounting and Business Education (2016), 283.

Rumapea, M. E. (2017). Pendidikan Komersial Dan Gaya Hidup. PPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik Universitas Medan Area, 139.

Sugiyono. (2014). Memahami studi dokumen dalam penelitian kualitatif. Wacana, 177-181.

Windarto, M. (2019). Pemberdayaan Sekolah dalam pengelolaan sampah sebagai bahan pembelajaran lingkungan hidup (PLH). Prosiding PKM-CSR, Vol. 2 (2019), 1210-1215.