Strategi Penilaian Hasil Belajar Berbasis Online pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 16 Purworejo

Main Article Content

Tutwuri Handayani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi penilaian hasil belajar yang diterapkan di SMP Negeri 16 Purworejo pada masa pandemi covid-19, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambatnya, serta mendeskripsikan solusi dari hambatan yang ada. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 16 Purworejo pada bulan Juli sampai dengan bulan Agustus tahun 2021. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan, data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi penilaian hasil belajar yang digunakan oleh guru-guru pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 16 Purworejo adalah berbasis online dengan beberapa aplikasi yang digunakan, antara lain google classroom, ruang kelas, google form, Quizizz, dan whatsapp. Faktor pendukungnya adalah sarana prasarana yang memadai di SMP Negeri 16 Purworejo, dan dukungan orangtua siswa terhadap putra-putrinya. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu ada beberapa siswa yang tidak mempunyai sarana prasarana, susah sinyal, dan ada beberapa guru yang kurang mampu bidang IT. Solusi dari hambatan ini yakni siswa yang susah sinyal bisa mengirim tugas atau pekerjaan dengan cara orang tua datang ke sekolah, guru yang kurang mampu di bidang IT diberi pelatihan, atau jika PTS atau PAS siswa boleh datang ke sekolah menggunakan komputer atau fasilitas sekolah.

Article Details

Section
Artikel

References

Ahmad,I.F. 2020. Asesmen Alternatif dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Indonesia. Jurnal Pedagogik, Vol. 07 No.01, Januari-Juni 2020. ISSN: 2354-7960, E-ISSN: 2528-5793).

Ahmadi, R. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ana, M., Ndole, T. 2021. Efektivitas Penilaian Pembelajaran Matematika Selama Masa Pandemi Covid-19 SDK Ndona 2 Kecamatan Ndona Kabupaten Ende. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores, Vol. 4 No. 1 hal 82-91, Maret 2021.

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2004). Evaluasi program pendidikan pedoman teoritis praktis bagi praktisi Pendidikan. In Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Choiri,E.O. 2020. 7 Rekomendasi Aplikasi Ujian Online Terbaik. Qwords.com/blog/aplikasi-ujian-online/. 17 Desember 2020.

Mahdiansyah. 2018. Evaluasi Pelaksanaan Sistem Penilaian Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan Volume 11, Nomor 2, Agustus 2018.

Moleong, L.J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Salamah, U. (2018). Penjaminan Mutu Penilaian Pendidikan. Journal EVALUASI, 2(1), 274. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.79.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdikarya.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Syahrial, S., Kurniawan, A. R., Alirmansyah, A., & Alazi, A. (2019). Strategi Guru dalam Menumbuhkan Nilai Kebersamaan pada Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(2), 232–244. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i2.8455

Wahyudi, Rufiana,I.S., & Nurhidayah,D.W. 2020. Quizizz: Alternatif Penilaian di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Edukasi Soulmath, Vol.8 No.2, Oktober 2020, halaman 95-108. ISSN 2337-9421, E-ISSN 2581-1290.

Wulida, Wahidatul, & Masruria. 2021. Belajar Saat Covid-19: Pelaksanaan Asesmen Alternatif Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, Vol. 9 Issue 1 2021 hal 15-25. P-ISSN 2302-0008, e-ISSN 2623-1964.

Yamin, M. (2013). Strategi dan metode dalam model pembelajaran. In Jakarta: GP Press Group.

Yansa, H., Retnawati, H. 2021. Identifikasi Praktik dan Hambatan Guru dalam Asesmen Kognitif Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Elemen, Vol.7, No.1, Januari 2021, hal 84-97.

Yantoro, Hayati,S., & Rahmad. 2021. Strategi Penilaian Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Fundadikdas, Vol. 4, No.1, Maret 2021. ISSN 2614-1620.