Upaya Peningkatan Kinerja Guru Melalui Pelatihan Implementasi Pembelajaran Bagi SMK Pusat Keunggulan di Kabupaten Gunungkidul

Main Article Content

Isnaini

Abstract

SMK Pusat Keunggulan merupakan salah satu program prioritas dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud tahun 2021 yang lahir sebagai upaya pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu agar mengalami peningkatan kualitas dan kinerja. Kinerja guru pada dasarnya merupakan unjuk kerja yang dilakukan oleh guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik. Peningkatan kinerja guru dapat dilakukan dengan berbagai strategi, antara lain melalui pelatihan. Dalam upaya meningkatkan kinerja guru pada SMK pusat keunggulan ini, yaitu melalui pelatihan implementasi pembelajaran yang direncanakan dengan model In House Training. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru melalui pelatihan implementasi pembelajaran pada SMK Pusat Keunggulan. Untuk mencapai tujuan ini, saya menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk angka. Skala ordinal yang digunakan adalah skala peringkat (Skala Likert) yang terdiri dari pernyataan dan jawaban yaitu selalu, sering, kadang-kadang, jarang, tidak pernah, sesuai dengan tujuan pengukuran yang terdiri dari 25 item yang telah terbukti validit dan reliabel. Data dianalisis dengan menggunakan asumsi dan dilanjutkan dengan analisis regresi linier ganda dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja dan pelatihan implementasi pembelajaran yang berkesinambungan dapat meningkatkan kinerja guru pada SMK Pusat Keunggulan di Kabupaten Gunungkidul.

Article Details

Section
Artikel

References

Darwis, R. H. (2016). Pengaruh Minat dan Kreativitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Ekonomi Prodi Ekonomi Syariah Stain Watampone. Saintifik, 2(2), 74–85. https://doi.org/10.31605/saintifik.v2i2.99

Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 97. https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1159

Madjid, D. A. (2016). Pengembangan Kinerja Guru Melalui Kompetensi, Komitmen dan Motivasi kerja. Samudra Biru. www.samudrabiru.co.id

Muspawi, M. (2021). Strategi Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 101. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1265

Ratnawulan, Dr. Elis, R. D. H. . (2014). Evaluasi Pembelajaran. Pustaka Setia.

Retnowati, E. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Menggunakan Metode Pembelajaran melalui IHT. 2(2), 204–212.

Reza, R. A., Harken, & Chairillsyah, D. (2019). Pengaruh Motivasi, Pelatihan dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru Pada Madrasah Aliyah Negeri Kota Pekanbaru. XI(3), 637–653.

Risdiantoro, R. (2021). Pengaruh Pelatihan Guru terhadap Kinerja Guru melalui Pengembangan Profesional Guru Madrasah Ibtidaiyah se-Kota Batu 1). 1(2), 144–157.

Sa’adah, L. L. (2021). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Kelengkapan Mengajar Melalui In-House Training. 2(1), 59–64.

Siregar, M. (2021). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru di Sd dan SMP Swasta Budi Murni 6 Medan. Ilmiah Simantek, 5(1), 70–82.

Sucipto, Nugraha, N., & Rifai, M. (2020). Upaya Peningkatan Kinerja Guru Melalui In House Training (IHT) Berbantuan Supervisi Klinis di SD Negeri 3 Wonodadi Ngrayun Ponorogo. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 126–143. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID%0AUpaya

Sunarsi, D. (2020). Panduan Meningkatkan Kinerja dan Kepuasan Guru (R. Achmad (ed.)). Desanta Muliavisitama. http://eprints.unpam.ac.id/8571/2/Buku Panduan Kinerja.pdf