Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Aliyah Muallimin Nahdlatul Wathan Pancor Lombok Timur

Main Article Content

L Hendra

Abstract

Penelitan ini mendeskripsikan: 1) program di Madrasah Aliyah Muallimin NW Pancor; 2) implementasi pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Muallimin NW Pancor; 3) dampak pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Muallimin NW Pancor. Penelitian ini deskriptif kualitatif. Penelitian inidilakukan di MA Muallimin NW Pancor Lombok Timur. Sumber data dalam penelitian ini adalah lapangan dengan subjek yaitu lingkungan madrasah, Kepala Madrasah, Waka Madrasah, guru-guru, siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan keabsahan data dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bentuk program dilakukan melalui program imtaq pagi, diniyah al-wustha, dan takhassus (2) Implementasi pendidikan karakter, melalui nilai-nilai islami, aktivitas-aktivitas islami, dan simbol-simbol islami (3) implementasi pendidikan karakter memiliki dampak terhadap sikap spiritual, sikap sosial, dan pengetahuan.

Article Details

Section
Artikel

References

Ali, M. (1995). Penelitian dan Kependidikan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Kemenpppa. (2021). Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. http://www.kemenpppa.go.id/jdih/?page=berita&id=138

Muhaimin, Sutiah, & Prabowo, S. L. (2010). Manajemen pendidikan, Aplikasinya dalam Menyususn Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kencana.

_________.(2012). Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, cet. Ke-5.

_________. (2012). Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

_________. (2005). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Grafindo Persada.

_________. (2009)Rekonstruksi Pendidikan Islam: Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Pesada.

Nujumuddin. (2013). Menyoal Mutu Pendidikan Indonesia. Jurnal Tastqif Fakultas Tarbiyah IAIN Mataram, 2(5), 10–12. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/tatsqif

Sahlan, A. (2010). Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah (Upaya Mengembangkan PAI dari Teori ke Aksi). Malang: UIN Malang Press, 1(1), 12–18. https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/jpai

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyanto. (2010). Pendidikan Karakter Teori & Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Triatmanto. (2010). Tantangan Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(3), 187–203. https://doi.org/10.21831/cp.v1i3.245

Zamtinah, Kurniawan, U., Sarosa, D., & Tyasari, R. (2011). Model of Character Education for Vocational Education School. Media Neliti, 98–109. https://media.neliti.com/media/publications/121115-ID-model-pendidikan-karakter-untuk-sekolah.pdf