Penerapan E-Learning Schoology Sebagai Peluang Penerapan Revolusi Industri 4.0 di Masa Pandemi Covid-19 pada SMK Negeri 1 Kebumen.

Main Article Content

etik suryani

Abstract

Pada saat ini dunia telah memasuki era revolusi industri generasi 4.0, untuk menghadapi era revolusi industry 4.0 dibutuhkan pendidikan yang dapat membentuk generasi kreatif, inovatif, dan kompetitif. Hal ini dapat dicapai salah satunya dengan penggunaan teknologi sebagai alat bantu pendidikan dengan optimal agar dapat menghasilkan lulusan yang sesuai dengan dunia kerja dan tuntutan digital. Proses pembelajaran dengan tatap muka langsung dihentikan sebagai salah satu tindakan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam upaya memutus rantai penyebaran covid-19 melalui dunia pendidikan. Proses pembelajaran selanjutnya dilaksanakan secara online. Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan aplikasi schoology dapat mendukung era revolusi industri 4.0 dimana semua dilakukan secara online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan e-learning schoology sebagai peluang penerapan revolusi industry 4.0 di masa pandemi covid-19 pada SMK Negeri 1 Kebumen. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagai tambahan wawasan dan ilmu pengetahuan tentang penerapan e-learning schoology sebagai peluang penerapan revolusi industry 4.0 di masa pandemi covid-19 khususnya bagi peneliti sendiri dan masyarakat pada umumnya.

Article Details

Section
Artikel

References

Aminoto, T. & Pathoni, H. 2014. Penerapan media E-Learning erbasis schoology untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi usaha dan energi di kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika, 8 (1), 13-29.