Inovasi Model Pembelajaran Jarak Jauh Program Kejar Paket C Pada Masa Pandemi Covid – 19 Di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Tegal

Main Article Content

Noor Fitriana Martanti

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis inovasi yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh, menganalisis strategi inovasi model pembelajaran yang dalam pembelajaran jarak jauh, dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat model inovasi pembelajaran jarak jauh pada program kejar paket C di SKB Kabupaten Tegal. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil yang didapatkan dari penelitian yaitu, inovasi pembelajaran yang digunakan di SKB Kabupaten Tegal adalah metode daring menggunakan smartphone dengan aplikasi whatsapp group dan google classroom. Strategi inovasi model pembelajaran yang digunakan dengan menerapkan model project based learning yang dipadukan dengan learning by doing. Kemudian faktor yang mendukung adalah sumber daya manusia di SKB Kabupaten Tegal yang berkompeten dan berinovasi, faktor penghambat yaitu kuota dan smarphone peserta didik yang kurang mendukung dan beberapa peserta didik mempunyai sedikit waktu belajar karena bekerja.

Article Details

Section
Artikel

References

Agustin, Lutvia Prima. 2016. Pengembangan Manajemen Pembelajaran Kejar Paket C di SKB Purwokerto. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto.

Fauziahm Ula Nisa El. Suryani, Lilis. Syahrizal, Trisnendri. 2019. Penerapan google classroom dalam pembelajaran Bahasa inggris kepada guru – guru Bahasa inggris SMP di SUbang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas). Volume 02, No.2 halaman 183 – 191.

Moleong, L.J. 2017. Metode Pneleitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya Offsite.

Sabron A.N, B.R. 2019. Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. Pendidikan Islam dan Multikulturalisme.

Sadikin, Ali. Hamidah, Afreni. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnla Ilmiah Pendidikan Biologi. Volume 6, No.2 halaman 214-224.

Sahidillah, Muhammad Wildan. Miftahurrisqi, Prarasto. 2019. Whatsapp Sebagai Media Literasi Digital Siswa. Jurnal Varia Pendidikan. volume 31, No.1 Halaman 52-57.

Sari, Anisa Yunita. Rodiyah. Sujati. Zulfah, Umi. 2018. Implementasi Pembelajaran Project Based Learning Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Motoric (Media of Teaching Oriented and Children). Volume Vol 1 No 1.

Sugiyono. 2016. Metode Peneliatan Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.