Strategi Pembelajaran Online dimasa Pandemi Covid-19 di TK PKK Widodo Ngemplak Sleman
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi yang dapat digunakan Taman Kanak-Kanak (TK) PKK Widodo dalam masa pandemic covid-19 agar kegiatan dapat berjalan dengan maksimal. Pada penelitian ini dipaparkan hal-hal yang dapat dilakukan Taman Kanak-Kanak PKK Widodo seperti, kegiatan belajar, kerjasama dengan orangtua, metode dan strategi pembelajaran yang diterapkan, serta media yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar di masa pandemic. Penelitian ini menggunakan Metode kualitatif, yaitu penelitian yang mengacu pada teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara mendalam dengan 6 pendidik diantaranya 1 kepala sekolah, 5 pendidik pendamping dan 1 orang tua wali. Penelitian dilakukan selama 1 bulan, dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan saat ini cukup efektif. Meskipun ada beberapa hambatan yang menganggu pembelajaran jarak jauh seperti masalah interaksi sosial pendidik dengan anak, dan masalah jaringan internet.
Article Details
References
Asep Syamsul M. Romli. 2012. Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Bandung. : Nuansa Cendikia
Elvina Laura, 2020 dalam Kompas TV (Update Corona 21 Agustus 2020: 149.408 Positif, 102.991 Sembuh, 6.500 Meninggal (kompas.tv)
Karmiyanti, Rina dkk.2019.Analisis Home Visit Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Paudia ( Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 8 Hal: 163 - 172
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). In Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Nahdi Khirjan . dkk. 2021. Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5 Issue 1 Hal: 177-186
Nirmala, Besse dkk.2021.Home Visit: Strategi PAUD dari Rumah bagi Guru di Daerah 3T pada Masa Pandemi Covid-19 (Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5 Issue 2 Hal: 1052-1062
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Ulfadhilah Khairunnisa. 2021. Pengaruh Metode Pembelajaran Efektif Di Masa Pandemi Pada Anak Usia Dini.Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 1 Hal 26-32.