ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA SMAN 1 KASIHAN DENGAN PEMBELAJARAN DARING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM MASA PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Eni Zakhanah

Abstract

Bermula dari pandemi yang melanda dunia termasuk Indonesia, akhirnya pembelajaran tidak bisa dilaksanakan dengan tatap muka. Siswa dikembalikan kerumah masing-masing untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh atau lebih dikenal dengan daring. Dengan pelaksanaan daring diharapkan tetap terjalin interaksi antara guru dan siswa meskipun tidak bertemu secara langsung, tetapi juga  mengurangi penyebaran Covid-19. Pada pembelajaran Daring, aplikasi Google Classroom merupakan salah satu aplikasi yang dipakai dalam proses belajar mengajar. Akan tetapi apakah Google Classroom ini mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, hal ini yang merupakan latar belakang dari penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajarn daring berbasis Google Classroom pada masa pandemi Covid-19 terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan melibatkan 168 responden. Pengambilan data berupa kuisioner dengan aplikasi Google form. Analisis hasil penelitian menggunakan pengujian Regresi liniear sederhana dengan uji normalitas dan uji linearitas. Berdasarkan analisis data diperoleh persamaan regresi untuk motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran daring berbasis Google Classroom adalah Y=8,634 + 1,119X + 0,083 dengan koefisien determinant R2 : 0,52.

Article Details

Section
Artikel

References

Arikunto Suharsimi, 2013. Prosedur penelitian, suatu pendekatan praktek. Jakarta: Bumi Aksara.

Emda, A. 2017. Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida journal. Vol. 5 No.2, halaman: 93-196.

Gusty, S., Nurmiati., Muliana, M., et al. 2020. Belajar mandiri: pembelajaran daring ditengah pandemi covid-19. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Handarini, I.O, & Wulandari,S.S. 2020. Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH). Journal pendidikan administrasi perkantoran (JPAP). Vol.08 No.3.

Kompri, 2016. Motivasi pembelajaran perspektif guru dan siswa. Bandung: PT. Rosda Karya.

Nurhayati, D., Az-Zahra, H.M., Herlambang, A.D. 2019. Evaluasi experience pada edmondo dan google classroom menggunakan tecnique for user experience evaluation in e- learning (TUXEL) (studi pada SMKN 5 malang). Jurnal pengembangan teknologi informasi dan ilmu komputer. 3 (4), halaman: 3771 – 3780.

Putria, H.,Maula, L.H., Uswatun, D.A. 2020. Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal basicedu. Vol 4.No 4, 861-872

Putri, G.K., Dewi. Y.A., 2019. Model pembelajaran jarak jauh berbasis google classroom. Jurnal studi ilmu pendidikan dan keislaman. Vol.2 No. 1.

Rimbun,. R. H. S. 2017. Penerapan pembelajaran daring kombinasi dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik paket c vokasi di pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) pioneer karanganyar. Jurnal plus unesaplus unesa. 6(2), halaman: 1-12.

Sofyana, L., & Rozaq, A. 2019. Pembelajaran daring kombinasi berbasis whatsapp pada kelas karyawan prodi teknik informatika universitas PGRI madiun. Jurnal nasional pendidikan teknik informatika. Vol. 08 No.1.

Su’uga, H. S., Ismayati. E., Agung. A.I., Rijanto, T., Media e-learning berbasis google classroom untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK. Jurnal pendidikan teknik elektro. Vol. 09 No.03, halaman: 605 – 610.

Sukmawati, S., & Nensia. N., 2019. The role of google classroom in elt. International journal for educational and vocational studies. 1 (2), halaman: 142 – 145.

Suprihatin, S. 2015. Upaya guru dalam peningkatan motivasi belajar siswa . Jurnal promosi pendidikan ekonomi. Vol. 3 No. 1.